3 September 2015

Bahaya Kesehatan Mengantongi Dompet Di Saku Belakang

Tipsiana.com - Kebiasaan mengantongi dompet di saku belakang biasanya dilakukan oleh kaum pria dengan alasan kenyamanan bergerak. Padahal dibalik kenyamanan tersebut justru mendatangkan bahaya bagi kesehatan. Terutama bagi mereka yang memiliki pantat yang tipis atau tepos.

Mengantongi dompet di saku belakang akan membuat posisi duduk menjadi miring sebelah dan keadaan inilah yang dapat memicu beragam penyakit. Dan ini perlu diwaspadai bagi mereka yang diharuskan duduk dalam waktu yang lama seperti menyetir dan bekerja seharian di depan komputer.


Penyakit yang timbul antara lain sakit punggung dan gangguan saraf. Semakin tebal dompet yang dikantongi maka akan memberi tekanan semakin besar pada saraf sepanjang sumsum tulang belakang. Saraf sumsum tulang belakang ini memanjang hingga ke kaki, yang bila tertekan dalam waktu yang lama akan menimbulkan rasa nyeri, pegal hingga kesemutan pada kaki dan sakit saat berjalan. Kondisi ini lebih sering dikenal dengan hip pocket syndrome atau wallet neuropathy.

Parahnya lagi kebiasaan mengantongi dompet tebal di saku belakang tanpa disadari dapat membuat tulang, otot dan saraf menjadi tidak seimbang yang membuat seseorang cenderung duduk dengan posisi miring dan berpusat pada panggulnya untuk menjaga keseimbangan saat duduk. Dan ini ditandai dengan posisi bahu yang merosot.


Posisi tubuh yang seperti itulah dapat mengakibatkan nyeri pada leher, punggung, bahu serta saraf yang ada pada bagian pinggul ke bawah. Untuk menghindari rasa nyeri ini anda bisa melakukan peregangan sebelum duduk dan yang terpenting keluarkan dompet dari saku sebelum anda duduk dalam jangka waktu yang lama.

Gunakan tas sebagai alternatif untuk menyimpan dompet anda. Namun jika sudah timbul keluhan tersebut, sebaiknya periksakan dokter. Dan juga berkonsultasi kepada ahli fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh anda sebelum menjadi terlalu parah.


loading...