21 September 2015

6 Cara Menjadi Orang Bermental Tangguh

Tipsiana.com - Orang yang mudah menangis atau lebih dikenal dengan orang cengeng seringkali dianggap remeh karena identik dengan orang yang lemah. Berbeda dengan wanita, sedari kecil seorang anak laki-laki didoktrin untuk tidak gampang menangis, tidak lain untuk membangun karakter anak agar menjadi pribadi yang tangguh. Pribadi yang diharapkan bisa menjadi pemimpin.

Sejalan dengan bertambah usia rintangan serta masalah tidak akan pernah putus yang terkadang membuat seseorang menjadi lemah dan merasa kalah dengan keadaan. Karena ketangguhan bukan hanya sekedar fisik yang kuat, anda harus melihat ke dalam diri anda dan bekerja keras meningkatkan kemampuan dan menghilangkan kelemahan diri untuk menjadi orang yang tangguh.


1. Hadapi Setiap Tekanan
Mampu bertahan terhadap tekanan adalah menjadi tolak ukur seseorang dikatakan tangguh. Usahakan untuk tidak terbawa suasana dan menjadikan anda emosional. Bersikaplah tetap tenang dalam situasi darurat atau saat anda merasa terancam.

Mulailah melatih ketenangan dengan bermeditasi sesering mungkin sampai hal tersebut menjadi kebiasaan. Jika anda disudutkan atau secara sengaja dibuat marah, ambillah waktu selama 10 detik untuk menenangkan diri. Pikirkan yang terbaik sebelum anda mengutarakan atau berbuat sesuatu.

2. Belajar Merelakan Hal Yang Tidak Penting 
Simpan waktu anda dengan menghindari drama yang tidak penting. Jangan mudah tersinggung terhadap perkataan dan tindakan kurang penting yang sengaja dibuat agar anda menjadi kesal. Hindari kekhawatiran yang berlebihan, karena rasa khawatir tidak akan menyelesaikan apapun dan hanya membuat anda lelah secara mental. Atasi masalah secara langsung dan jangan buang waktu anda.

3. Yakin Dengan Kemampuan Diri
Sikap ragu-ragu menandakan anda belum tangguh secara mental. Mulailah memutuskan suatu keputusan yang menurut anda terbaik dan yakinlah terhadap keputusan anda.


Bangun kepercayaan diri dengan mengenali diri anda lebih dalam. Pahami kelebihan yang ada pada diri anda dengan meningkatkan kemampuan serta memperbaiki kelemahan anda. Karena orang tangguh adalah orang yang berhasil memperbaiki dirinya menjadi lebih baik.

4. Capai Apa Yang Menjadi Tujuan
Bermimpi memang tidak ada salahnya. Namun bila hanya dalam bentuk kata tanpa melakukan apa-apa, sama saja anda hanya seorang penghayal.

Mencapai impian memang tidak mudah dan perlu kerja keras. Tapi semakin sering anda berusaha maka peluang akan semakin terbuka yang memudahkan anda untuk mencapai tujuan. Tetap gigih dan tabah selama proses pencapaian tujuan dengan melakukannya satu persatu secara bertahap.

5. Bangkit Dari Kegagalan
Orang hebat dan kuat sekalipun pasti pernah mengalami kegagalan. Dan bangkit dari kegagalan adalah yang membedakan orang tangguh dengan yang lemah. Tiap kali anda melakukan kesalahan, analisa apa yang menjadi penyebab kegagalan. Terimalah kesalahan anda dan buat strategi baru dan coba lagi dengan percaya diri dengan menghindari pikiran negatif.

6. Berpikir Positif Menghadapi Masa Depan
Hadapi rintangan dengan pikiran positif dan selalu yakin akan kemampuan anda dalam mengubah masa depan menjadi lebih baik. Tularkan sikap positif anda kepada orang lain, karena bagian menjadi orang tangguh adalah ikut membantu orang lain menghadapi masa sulit.

Inspirasi : Wikihow

loading...