21 Agustus 2015

Software Berbicara Stephen Hawking Kini Tersedia Secara Gratis

Tags

Tipsiana.com - Software yang membantu Prof Stephen Hawking berbicara melalui komputer telah dipublikasikan secara online oleh Intel, perusahaan yang menciptakannya. Program ini menafsirkan sinyal visual dan menerjemahkannya ke dalam kata-kata, yang kemudian "diucapkan" oleh sebuah mesin.

Intel awalnya mengembangkan teknologi khusus ini  untuk Prof Hawking, namun kini telah digunakan oleh penderita lain dari penyakit motor neuron (MND). Hawking, 73, yang memiliki penyakit motor neuron dan hampir seluruhnya lumpuh, bergantung pada teknologi untuk berbicara. Sistem bantu bicara miliknya telah diupgrade oleh Intel tahun lalu, membuatnya bisa mengetik lebih cepat, browsing internet lebih mudah dan memindahkan task dengan mulus.

 
Siapapun sekarang dapat men-download dan bereksperimen dengan sistem ini. Program dan full source code telah dishare di situs GitHub.

Dalam kasus Prof Hawking, Assistive Context Aware Toolkit  (ACAT) menafsirkan data sensor menangkap gerakan otot pipinya tapi bagian lain dari tubuh juga dapat digunakan. Intel berharap ACAT, yang dijalankan dengan Microsoft Windows 7 atau lebih tinggi, akan digunakan oleh para peneliti mengembangkan sistem baru bagi penderita penyakit seperti ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis).

Seperti yang dilansir dari BBC, Intel mengatakan kepada BBC bahwa perangkat lunak tersebut dapat melakukan berbagai fungsi selain mengirimkan teks ke mesin speech synthesizer.

"Kami memiliki menu kontekstual untuk mengakses semua bagian yang berbeda dari komputer anda," kata Lama Nachman. "Jika anda ingin menggunakan Word, berselancar di web atau berbicara anda dapat menggunakan ACAT untuk itu."

Dia menambahkan bahwa tim telah bereksperimen dengan berbagai sensor yang berbeda, dan mereka berharap pengembang akan mencoba pilihan lain yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing pasien.

"Kami juga memiliki accelerometer sensor [gerak] untuk pasien yang dapat menggunakan jari tapi tidak banyak lagi, dan sistem tombol untuk seseorang yang dapat menekan tombol," katanya.
Menarik bergerak

Langkah ini mendapat pujian dari asosiasi Motor Neurone Disease (MND), software tersebut mampu membantu para penderita MND dalam berkomunikasi.

Euan MacDonald, seorang penderita MND mengatakan, "AAC merupakan bagian benar-benar mendasar dari hidup saya. Tidak seperti penelitian medis, teknologi bergerak sangat cepat dan sangat menarik bisa melihat hal-hal baru muncul setiap tahunnya.

"Teknologi yang semakin maju dapat membantu kita mengekspresikan apa yang kita pikirkan, lebih baik," tambahnya.

loading...