31 Agustus 2015

Lima Obat Sederhana Bagi Penderita Varises

Tags

Tipsiana.com - Menurut sejumlah penelitian, sekitar 29 persen wanita dan 10 persen pria terkena varises. Pelebaran dan penggembungan pembuluh darah ini biasanya terjadi disekitar kaki yang kadang menimbulkan rasa sakit dan merusak penampilan. Pengobatan bedah yang mahal dan menyakitkan bisa menyembuhkan varises. Namun sebenarnya beberapa teknik pengobatan sederhana juga dapat membantu mengurangi varises pada kaki.

Varises biasanya bawaan genetik, jadi jika seseorang dalam keluarga Anda memiliki varises, maka Anda kemungkinan besar akan terkena juga. Timbulnya varises disebabkan katup dalam pembuluh vena yang mendorong darah keseluruh sistem peredaran darah mulai melemah, menyebabkan cairan menumpuk di pembuluh darah.


Gejala umum terjadinya pengembangan varises adalah rasa nyeri di sekitar vena yang membesar, pembengkakan pada kaki, rasa ketat atau sensasi gatal di kaki dan kaki terasa berat.

Meskipun varises biasanya tidak berbahaya, tampilan pembuluh yang menonjol di area kaki sangat tidak disukai, dan karena itu banyak dokter yang menyarankan untuk menjalani operasi kosmetik. Tapi biaya  operasi ini sangat mahal, jadi yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengobatan sederhana dan alami berikut ini.

1. Naikkan Kaki Anda
Sama seperti saat sedang dalam perjalanan panjang di pesawat atau duduk dalam jangka waktu lama, darah akan menumpuk di kaki dan menyebabkan kaki terasa berat. Perasaan kaki berat ini juga dirasakan penderita varises, dan penderita yang memiliki kondisi seperti ini mungkin akan mengalami pembengkakan sata mereka harus duduk atau berdiri seharian.

Untuk mengobati rasa tak nyaman ini, yang terbaik adalah dengan berbaring sambil meninggikan kaki selama sejam. Cara ini memungkinkan darah mengalir dari kaki dan pergelangan kaki dan kembali ke jantung yang akan mengurangi pembengkakan dan perasaat berat.

2. Kompres Pembuluh Dengan Es
Menggunakan es atau kompres dingin ke varises Anda dapat meminimalkan ukuran pembuluh dan mengurangi pembengkakan di sekitar vena. dingin akan mengurangi aliran darah di sekitar daerah yang dikompres, membuat tonjolan pembuluh menjadi berkurang. Dianjurkan juga untuk sering-serig mandi dengan air dingin atau air hangat agar pembuluh darah tetap sehat dan rileks.

3. Berolahraga
Lakukan latihan kardiovaskular secara teratur, baik dengan berjalan, jalan cepat, bersepeda atau berenang, ini akan membuat darah mengalir dengan normal dan mencegah penumpukan cairan di pembuluh darah Anda. Dianjurkan untuk melakukan setidaknya 15 menit latihan kardiovaskular setiap hari atau dengan petunjuk dokter. Tidak hanya akan membuat tubuh sehat, olahraga teratur terbukti mengurangi pembengkakan varises.

4. Buat Kaki Anda Rileks
Jika Anda tak punya banyak waktu  untuk melakukan latihan kardiovaskular, naik-turunkan kaki dan putar pergelangan kaki serta tekan kaki seperti sedang memakai sepatu hak tinggi secara berulang-ulang, ini akan membuat pembuluh anda fleksibel. Saat Anda menegangkan otot kaki, darah akan mengarah keatas dan menuju jantung. Latihan sederhana ini akan menjaga sirkulasi darah menjadi lancar.

5. Pakai Kaus Kaki atau Stoking Bertekanan
Di Apotek dapat dineli kaos kaki dan stoking khusus yang memiliki tekanan. Kaos kaki dan stoking ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah di kaki Anda. Ada beragam jenis sesuai tekanan yang dibutuhkan, stoking bertekanan 20mm Hg tergolong bertekanan rendah, sementara ada yang memiliki tekanan hingga 60 mm Hg, untuk jenis bertekanan tinggi ini sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Tersedia berbagai macam warna dan bentuk sesuai dengan ukuran kaki dan biasanya jenis yang bertekanan rendah cukup nyaman dipakai sehari-hari.

Jika Anda atau kerabat menderita varises, Anda harus konsultasikan ke dokter untuk menentukan apakah varises Anda memiliki resiko terjadi pembekuan darah. Walau tidak ada jaminan terapi pengobatan ini bisa benar-benar menghilangkan varises 100%, tapi ini akan mengurangi efek buruk dari varises. Jadi, tak ada salahnya mencoba.

loading...