18 Agustus 2015

Jalan Raya Ini Bisa Mengisi Daya Mobil Listrik Sambil Berkendara

Tags

Tipsiana.com - Bayangkan bila Anda tak perlu lagi menepi untuk mengisi bahan bakar mobil konvensional atau mengisi daya mobil listrik Anda, pasti sangat menyenangkan. Inilah yang sedang di uji coba di jalan raya Inggris yang diterapkan pada kendaraan bertenaga listrik.

Mobil listrik disana akan dilengkapi dengan teknologi nirkabel dan dikendarai di jalan raya yang dibawahnya ditempatkan alat penghasil medan elektromagnetik khusus. Dengan cara ini, mobil listrik akan mengisi daya otomatis saat dikendarai sehingga mobil tak perlu lagi berhenti untuk mencas baterainya.

Uji coba ini akan berlangsung selama 18 bulan sebelum diputuskan apakah proyek brilian ini bisa digunakan ke seluruh jalan umum. Teknologi ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya dilakukan. Pada tahun 2013, Kota Gumi, sebuah kota di Korea Selatan memiliki sebuah rute jalan sepanjang 12 km yang memungkinkan bus khusus mengisi baterainya dengan teknologi serupa.

Penggunaan teknologi tinggi pada kendaraan semakin berkembang dan pemerintah Inggris berkomitmen untuk mengembangkan kendaraan beremisi rendah di seluruh jalanan Inggris. Patut ditiru, tapi entah kapan.


Sumber : gov.uk, bbc.com

loading...