15 Agustus 2015

Detektor Penyakit Itu Bernama Lidah

Tags

Tipsiana.com - Fungsi lidah selama ini tidak hanya sebagai pengecap rasa dan membantu mengunyah dan menelan makanan, dari lidah kita juga bisa mendeteksi kesehatan tubuh.Secara normal lidah berwarna pink, bila terjadi perubahan warna pada lidah anda kemungkinan besar anda mengidap penyakit atau sebuah reaksi dari berbagai jenis bahan yang masuk melalui mulut.

Lidah Merah Terang
Lidah merah terang menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi penting seperti vitamin B kompleks dan zat besi. Beberapa herbalis mengatakan bahwa hal ini menunjukkan panas pada organ tertentu. Itu juga dapat terjadi sebagai reaksi terhadap jenis tertentu seperti pasta gigi, obat-obatan, obat kumur atau makanan asam.

Lidah Ungu
Lidah ungu menunjukkan bahwa anda mungkin akan mengalami bronkitis kronis. Pada saat tertentu oksigen  tidak mensuplai tubuh secara efisien. Lidah ungu juga dapat menunjukkan kadar kolesterol tinggi. Sirkulasi tubuh yang buruk juga bisa menjadi penyebab warna ini.
Mengkonsumsi terlalu banyak makanan dingin juga dapat menyebabkan lidah berubah ungu. Mengkonsumsi makanan seperti bawang putih dan jahe dapat berubah warna kembali ke merah muda, jika tidak konsultasikan dengan dokter Anda.


Lidah Pucat atau Kuning
Lidah pucat menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki hemoglobin yang rendah. Itu juga dapat menunjukkan kelelahan dan kelemahan. Lidah pucat juga terkait dengan masalah di paru-paru dan usus. Anda bisa menggunakan herbal seperti bawang putih, kayu manis dan jahe untuk mengatasi masalah. Untuk meningkatkan hemoglobin konsumsi bayam, bit, daging merah, kacang merah, kismis, apel, mangga, aprikot dan kacang-kacangan.

Lidah Hitam
Dari waktu ke waktu, lidah seseorang dapat berubah penampilannya menjadi berbulu hitam. Bulu lidah yang berwarna hitam yang berlebihan adalah tidak berbahaya, ia hanya bersifat sementara, tapi tidak sedap dipandang. Warna hitam ini terjadi karena bakteri terperangkap pada bulu-bulu llidah (papila).

Lidah Putih
Lidah putih sering berarti hal yang sama seperti lidah hitam atau kuning  - bakteri terjebak dalam rambut lidah yang mengakibatkan sariawan dan infeksi jamur. Dan beberapa penyebabnya juga sama, seperti: merokok, dehidrasi, mulut kering, sel mati yang terjepit di papila.

Lidah Merah
Lidah merah lebih sering sebagai sinyal pada masalah kesehatan anak-anak. Lidah berwarna seperti stroberi atau raspberry bisa menjadi salah satu gejala pertama dari demam scarlet yang sering muncul bersama radang tenggorokan atau penyakit kawasaki. Orang dewasa lebih jarang menampakkan tanda-tanda ini.

Tetapi jika  lidah anda terlihat merah, tubuh anda mungkin kekurangan niacin, sebuah vitamin B penting.

Lidah Coklat
Bila pada lidah terdapat spot yang telah berubah coklat atau gelap mungkin bisa menjadi bentuk kanker kulit yang disebut melanoma.


Bintik-bintik Merah
Bintik-bintik merah pada lidah dapat menunjukkan beberapa masalah. Tanda ini menunjukkan bahwa anda memiliki kekurangan bioflavonoid yang sering disebut vitamin P, berasal senyawa vitamin C. Anda bisa mendapatkan bioflavonoid dari buah-buahan, kiwi dan jeruk. Mengkonsumsi minuman panas juga dapat menyebabkan bercak merah pada lidah. Bintik-bintik merah menunjukkan tanda-tanda asma, eksim atau reaksi alergi lain.

Lidah Kering
Lidah kering menunjukkan bahwa tubuh anda memproduksi terlalu banyak lendir. Untuk menghindari situasi ini mengurangi susu dan produk gula.

Faktor lainnya adalah stres, yang dapat menyebabkan kelenjar ludah membengkak dan karena itu lidah anda menjadi kering. Kondisi ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan mengkonsumsi segelas air lemon. Anda juga dapat mengobatinya dengan mengurangi tingkat stres anda dengan relaksasi, yoga dan meditasi.

Lidah Bengkak
Jika Anda merasa bahwa lidah anda telah membengkak ada kemungkinan bahwa anda mungkin memiliki beberapa jenis alergi atau infeksi. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan masalah ini.

loading...