21 Agustus 2015

10 Bonsai Unik dan Terindah di Dunia

Tags

Tipsiana.com - Cina dan Jepang merupakan negara yang telah memperkenalkan seni 'mengkerdilkan' pohon ini sehingga terlihat lebih indah dan eksotis. Untuk membentuk sebuah pohon agar menarik, batang yang berliuk diperlukan keahlian khusus. Sebuah bonsai yang indah bisa dijadikan dekorasi interior yang sangat indah. Karenanya sebelum membeli anda harus menyediakan ruang khusus untuk meletakannya, hingga perhatian dapat terpusat pada bonsai.

Di Cina bonsai disebut dengan penjing (盆景) pada periode Dinasti Tang. Sedangkan di Jepang pada akhir zaman Heian bonsai pertama kali disebut dengan bonkai yang berasal dari kata penjing dalam aksara kanji (盆景) dilafalkan menjadi bonkai. Seni yang hanya dinikmati oleh kalangan atas terutama pejabat dan para samurai ini pada zaman Edo bonkai berubah nama menjadi bonsai.

Pohon Bonsai berusia 800 tahun di Shunkaen
Pohon ini terkenal karena usianya yang sudah mencapai 800 tahun dan menjadi salah satu pohon bonsai termahal. Pemiliknya adalah Kunio Kobayashi yang merupakan seniman bonsai yang paling terkenal di dunia dan telah memenangkan penghargaan perdana menteri jepang sebanyak 4 kali. Pembibitan bonsai ini terletak di Shunkaen, Tokyo dan terbuka untuk umum.

Bonsai pohon apel milik Walter Pall memiliki tinggi 65 cm
Goshin "Pelindung Semangat", bonsai yang dibuat oleh John Y. Naka




 



 

Penempatan bonsai tidak melulu harus diletakkan di dalam ruangan, untuk jenis pohon tertentu bonsai lebih baik diletakkan di ruangan terbuka yang memiliki intensitas cahaya dan kelembaban yang cukup. Hanya tanaman tropis dan subtropis yang dapat hidup di dalam ruangan.

Untuk perawatan bonsai dalam ruangan sebaiknya perhatikan 4 hal berikut :
1. Cahaya
Masalah utama dalam menjaga pohon bonsai dalam ruangan adalah cahaya. Intensitas cahaya yang lebih rendah daripada di luar ruangan akan membuat pertumbuhan bonsai menjadi menurun. Karenanya tempatkan bonsai pada titik yang terang, sebaiknya tepat di depan jendela menghadap ke selatan.


2. Kelembaban
Pohon membutuhkan kelembaban relatif tinggi jauh dari kelembaban di dalam ruangan. Anda bisa menyiasatinya dengan menempatkan nampan berisi air didekat pohon bonsai, atau dengan menyiraminya beberapa kali dalam sehari. Atau juga dengan rajin membuka jendela pada siang hari untuk sirkulasi udara.


3. Penyiraman dan Pemupukan
Penyiraman dan pemupukan dilakukan hanya bila diperlukan.

4. Suhu
Spesies pohon tropis membutuhkan suhu yang relatif tinggi sepanjang tahunnya, mirip dengan suhu kamar dan ruang tamu pada umumnya.

Pohon bonsai subtropis dapat bertahan dengan suhu sedikit lebih rendah. Dan umumnya berkembang pada saat musim dingin tiba atau dibawah suhu kamar. 

Anda ingin melihat keindahan dan keunikan bunga lain yang tiada duanya? simak artikel ini : Bunga-Bunga Dengan Bentuk Luar Biasa

Sumber : Bonsai Empire

loading...