3 Juli 2015

Ubah Kamar Tidur untuk Tingkatkan Mood

Tags

Tipsiana.com - Lingkungan sekitar sangat mempengaruhi suasana hati kita, rasanya sulit untuk bisa merasa santai bila keadaan sekitar kita berantakan. Terlebih bila itu terjadi pada kamar tidur, bagaimana bisa nyaman beristirahat dan bangun dengan segar bugar sedangkan tempat ternyaman dalam keadaan berantakan.

Sebenarnya tidak diperlukan banyak pengeluaran untuk mengubah kamar tidur anda menjadi nyaman yang bisa meningkatkan mood anda. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal  seperti cahaya, warna kamar, kerapian, hal-hal yang disukai dan unsur natural.



1. Pencahayaan yang benar.

Sama seperti cuaca mendung yang sulit membuat suasana hati ceria, suasana kamar yang suram juga dapat meredupkan semangat anda. Manfaatkan cahaya matahari pada siang hari sebagai penerangan kamar. Pencahayaan terbaik malam hari sebaiknya dari 2 sumber cahaya untuk kamar kecil dan 3 sumber cahaya untuk kamar besar. Sumber cahaya kamar utama berasal dari lampu langit-langit kamar dan selebihnya lampu yang diletakkan di sebelah tempat tidur.

2. Warna mengubah pikiran.

Warna dapat mempengaruhi perasaan dan mungkin ini tidak kita sadari. Jika selama ini warna kamar tidur anda bukanlah warna favorit anda, kini saatnya mengubah warna kamar menurut kesukaan anda yang dapat membuat anda nyaman menempati kamar anda.

Warna biru, hijau, abu-abu terlihat lebih alami dan menenangkan. Sementara warna-warna terang seperti pink, oranye dan kuning bisa meningkatkan energi dan semangat anda. Bisa juga mengaplikasikan pola-pola unik di dinding kamar atau juga menambahkan gorden, sprei, bantal dan karpet berwarna cerah pada kamar anda agar terkesan ceria.

3. Rajinlah membersihkannya.

Di meja rias ada piring makan dan pakaian kotor bertebaran di lantai, bukanlah pemandangan yang sedap dipandang. Bagaimana bisa merasakan tidur yang berkualitas dengan kondisi kamar yang seperti ini.

Segera benahi kamar, rapikan lemari pakaian anda, sumbangkan pakaian-pakaian yang sudah tidak terpakai. Tempatkan segala sesuatunya pada tempatnya.

4. Rawat atau buang.

Setiap kamar membutuhkan sentuhan-sentuhan kecil sebagai pemanis ruangan, seperti foto-foto yang dibingkai atau aksesoris lainnya. Dekor kamar tidur dengan barang-barang kesukaan anda dan singkirkan barang-barang yang tidak berguna dari kamar anda.

5. Tambahkan unsur natural.

Alam merupakan salah satu antidepresan terbaik untuk meningkatkan mood. Berikan sentuhan natural pada kamar anda dengan menambahkan tanaman hias yang diletakkan di tempat yang cukup cahayanya atau benda-benda yang berbau natural seperti kulit kerang atau akar-akaran.

 Inspirasi : Michelle Ullman

loading...