28 Juli 2015

Tips Tetap Dingin Saat Tidur Malam Tanpa AC

Tags

Tipsiana.com - Ketika musim panas datang, biasanya kita memikirkan bisa bersantai di tempat yang sejuk, berenang atau minum minuman dingin untuk menghilangkan rasa panas. Tapi kita kadang mengabaikan bagaimana bisa tidur nyaman dimalam hari yang panas.

Beruntung jika di dalam rumah memiliki fasilitas AC sebagai pendingin ruangan. Nah, bagi yang belum memiliki, anda bisa mencoba tips berikut untuk menghilangkan rasa panas agar anda bisa tidur dengan nyenyak.
tidur nyenyak

1. Mandi Air Hangat
Mungkin terdengar tidak wajar dicuaca yang panas mandi dengan air hangat karena saat udara panas justru kita lebih memilih mandi dengan air dingin. Sebenarnya mandi air hangat dicuaca panas itu baik untuk menurunkan tekanan darah, sehingga tubuh terasa lebih adem setelah mandi menggunakan air hangat.

2. Pilih Kain Berbahan Katun
Pilihlah sprei, gorden dan pakaian tidur yang berbahan katun yang tidak terlalu tebal. Bahan katun sangat baik untuk sirkulasi udara dan penyerapan keringat.

3. Gunakan AC Buatan
Caranya dengan menempatkan mangkuk besar berisi es di depan kipas angin. Dengan bantuan kipas angin, udara dingin yang menguap dari es akan disebarkan ke seluruh ruangan. Bisa juga diganti dengan kain basah.


4. Gunakan Cara Tradisional
Jika ruangan tidur anda tidak memiliki AC ataupun kipas angin anda bisa menggunakan kain basah yang digantung di jendela kamar anda. Sehingga angin yang berhembus dari jendela terasa lebih dingin. Kain yang digunakan disarankan yang tipis dan jarang.

5. Tidur Sendirian
Udara dalam kamar cenderung lebih hangat bila dihuni lebih dari satu orang. Karenanya agar anda tidak kepanasan usahakan tidur sendirian dalam satu ruangan.

6. Minum Sebelum Tidur
Untuk menghindari dehidrasi selama tidur, biasakan terlebih dahulu minum sebelum pergi tidur. Minumlah sewajarnya agar anda tidak mesti bolak-balik ke kamar mandi yang bisa-bisa mengganggu kenyamanan tidur anda.

7. Matikan Lampu dan Benda Elektronik Lainnya
Lampu dan benda elektronik yang masih menyala akan mengeluarkan panas yang malah menambah panas ruangan. Sebaiknya matikan semua benda elektronik dan cabut dari colokan dan tidur dalam keadaan lampu mati sangat baik untuk kesehatan.

Anda juga bisa membuat AC alami tanpa es atau listrik berikut ini :
Tips Membuat AC Alami Tanpa Listrik Dari India


loading...