13 Juli 2015

Tips Berutang Saat Terdesak

Tags

Tipsiana.com - Tipsiana.com - Pada saat mendekati lebaran, kebutuhan untuk persiapan menyambut hari raya umat Islam ini otomatis meningkat. Bagi mereka yang bekerja di sektor formal, peningkatan kebutuhan finansial diiringi dengan penambahan pendapatan dari THR (Tunjangan Hari Raya) yang diberikan perusahaan.

Namun bagi yang bekerja di sektor informal, momen lebaran berarti harus bekerja ekstra untuk menutupi kebutuhan. Apalagi bagi mereka yang berstrata ekonomi menengah kebawah, mereka harus mampu mencari pendapatan yang lebih banyak dari hari-hari biasanya. Dan kadang saat rezeki ternyata tak selalu berpihak, berhutang adalah opsi terakhir yang harus ditempuh.

Utang memang akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Namun bila kita tak pandai-pandai mengelolanya, utang yang menumpuk akan berubah menjadi petaka saat kita tak mampu lagi membayarnya. Agar kita terhindar dari efek negatifnya, berikut tips berutang saat keadaan mendesak.

Usahakan Berutang Tanpa Bunga

Agar terhindar dari bunga utang, cobalah berutang pada orangtua, saudara atau sahabat terdekat. Tentu saja kita harus sedikit melepas gengsi dan harus berkomitmen pada diri sendiri untuk segera melunasinya.

Utang kepada orang-orang terdekat memang tanpa bunga, tapi bila kita tidak menjaga amanah, hubungan persaudaraan atau bersahabatan bisa terganggu. Jadi bila Anda berutang pada mereka, jaga kredibilitas Anda dengan melunasinya tepat waktu.

Lunasi Utang Tepat Waktu

Selain soal kredibilitas dan menjaga hubungan baik, membayar utang tepat waktu juga baik untuk Anda. Berbeda dengan utang usaha, berutang untuk kebutuhan konsumtif termasuk kategori non produktif atau tidak menghasilkan keuntungan yang dapat digunakan untuk melunasinya.

Bila kita berutang untuk membuka usaha, hasil keuntungan dari usaha kita akan bisa dijadikan untuk melunasi utang. Tapi bila kita berutang untuk membeli baju baru atau kebutuhan rumah tangga, ini tidak produktif. Anda harus mencari sumber uang dari tempat lain untuk bisa melunasinya.

Jangan Tambah Utang Sebelum Melunasinya

Tips terakhir ini akan menghindarkan Anda dari menumpuk utang yang tak perlu. Bila ada kelonggaran finansial, jangan menunda-nunda pembayaran utang, agar bila lain hari kita membutuhkan pinjaman lagi, kita tak akan terbebani dengan pinjaman yang lalu. Jauhi kebiasaan buruk orang yang berat hati membayar utangnya walau ia sedang memegang uang.

loading...

1 komentar so far