25 Juli 2015

Tips Agar Terhindar Dari Sambaran Petir

Tags

Tipsiana.com - Petir merupakan gejala alam yang tidak dapat diantisipasi atau dihilangkan. Fenomena alam ini sering timbul berbarengan dengan munculnya awan pembentuk hujan yang disebut awan Cumulonimbus. Petir menghasilkan arus yang sangat besar dan dalam waktu yang sangat singkat, sehingga bahaya yang ditimbulkannya sangat besar dan berpotensi membunuh korbannya. Di Amerika, petir membunuh 200 orang pertahun dan melukai lebih dari 550 orang.

Indonesia terletak di daerah tropis dan dikelilingi oleh lautan. Akibatnya, Indonesia masuk dalam negara yang memiliki frekuensi sambaran petir yang tinggi. Bahkan, Indonesia termasuk salah satu diantara tiga daerah petir yang terbesar selain Afrika Tengah dan lembah sungai Arizona. Di seluruh dunia terjadi sekitar 14 juta petir pertahun atau 40.000 petir per hari. Kekuatan petir sangat besar, berkisar antara 100 juta volt hingga 1 milyar volt.


Mengingat betapa berbahayanya petir bagi manusia,  penting untuk mengetahui tindakan pencegahan agar terhindar dari sambaran petir. Berikut beberapa tips untuk menghindari resiko tersambar petir yang bisa kita lakukan.
  1. Saat mulai terdengar hujan petir, segera cari tempat perlindungan. Petir biasanya akan berhenti setelah 15-30 menit.
  2. Bila disekitar Anda tidak ada bangunan tempat berlindung, masuklah kedalam mobil. Petir yang menyambar mobil langsung dinetralkan ke tanah. Jadi, akan lebih aman berada dalam mobil Anda daripada berada di luar.
  3. Jangan berdiri dibawah pohon. Berdiri dibawah pohon akan lebih berisiko tersambar petir. Petir yang menyambar pohon bisa meloncat ke tubuh orang yang berlindung dibawahnya, karena ranting dan akar pohon bisa menghantarkan petir ke tubuh.
  4. Jika Anda sedang berada di ruang terbuka yang tinggi, usahakan pindah ke dataran yang lebih rendah. Usahakan mendekat ke objek yang lebih tinggi. Tapi jangan terlalu dekat, jarak maksimum dari objek sekitar 2,5 meter. Semakin Anda jauh dari objek tinggi, semakin berisiko tersambar petir.
  5. Matikan Handphone ketika Anda berada diluar saat hujan. Jangan pernah menggunakan handphone saat Anda berlindung dari hujan petir. Banyak kasus korban tersambar petir akibat menelepon ditengah hujan petir. Bila terpaksa harus menelepon, gunakan handphone di ruangan yang jauh dari pintu dan jendela.
  6. Saat berada di rumah, copot seluruh stop kontak peralatan elektronik ketika hujan petir berlangsung. Jangan menggunakan telepon rumah, arus listrik petir dapat merambat lewat kabel telepon. Dan jangan mandi menggunakan shower atau bath-up,  pipa logam saluran air juga bisa menjadi penghantar listrik yang berbahaya.

Sumber :
http://www.today.com/news/after-19th-us-lightning-death-experts-share-tips-stay-safe-1D79994242
http://ugm.ac.id/id/berita/8137-indonesia.negara.dengan.frekuensi.petir.sangat.tinggi
http://www.kompasiana.com/musajulius/bahaya-petir-dan-proteksinya-saat-musim-hujan_551f9f548133111b6e9de410

loading...