9 Juli 2015

Manfaat Lain Baking Soda Yang Perlu Diketahui

Tags

Tipsiana.com - Baking soda merupakan zat yang paling aman digunakan dan dapat dengan mudah ditemui di sekitar kita. Umumnya baking soda digunakan untuk keperluan memasak seperti memasak kue ataupun melunakkan sayur-mayur.

Namun ternyata baking soda memiliki manfaat lebih dari itu, masih banyak lagi kegunaan dari baking soda yang belum banyak diketahui. Mulai dari perawatan tubuh sampai untuk membersihkan perkakas bisa dengan mudah dibersihkan menggunakan baking soda.


Inilah beberapa manfaat dari baking soda yang perlu anda ketahui :


1. Menyingkirkan Bau Amis
Setelah membersihkan ikan atau memotong bawang pasti akan meninggalkan bau yang tak sedap di tangan yang kadang sulit hilang. Hal ini bisa diatasi dengan menggosok-gosokkan baking soda pada tangan yang sudah dibasahi terlebih dahulu, kemudian bilas dengan air hangat. Tangan tidak berbau lagi dan juga menjadi lebih halus.

2. Mengembalikan Kesegaran Kulit
Berada dibawah sengatan matahari dapat membuat kulit terasa terbakar, untuk menghilangkan rasa terbakar ini anda bisa mencampurkan baking soda ke dalam bath up berisi air hangat. Lalu berendamlah, cara ini dapat mengurangi rasa sakit akibat paparan sinar matahari.

3. Mengobati Gigitan Nyamuk dan Sengatan Lebah
Segera tuangkan baking soda ke telapak tangan anda dan beri beberapa tetes air sehingga menjadi pasti. Kemudian balurkan pada luka gigitan atau sengatan, biarkan hingga mengering dan mengelupas. Dengan begitu bilur merah bekas gigitan dan gatalnya dapat hilang dengan segera.

4. Menghilangkan Bau Kaki
Bila kaki anda sering terasa panas, berkeringat dan terasa pegal. Anda bisa mencelupkan kaki anda ke dalam baskom  berisi air dingin yang sudah dicampuri dengan baking soda sebelumnya. Rendam kaki anda selama 15- 20 menit lalu bilas dan keringkan.

5. Memutihkan Gigi Secara Alami
Ambil satu buah stroberi, lumatkan lalu campur dengan setengah sendok teh baking soda. Oleskan di gigi anda dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu bersihkan dengan menyikat gigi anda. Namun cara ini sebaiknya dilakukan seminggu sekali agar tidak merusak enamel gigi.

6. Menghilangkan Noda Gosong Di Panci
Saat anda kelupaan dengan masakan anda sehingga gosong, anda bisa menghilangkannya segera dengan mengisi panci dengan air seperempatnya. Kemudian tambahkan baking soda sebanyak setengah cangkir dan masak air hingga mendidih. Setelah itu biarkan semalaman, dan dipagi harinya anda bisa dengan mudah membersihkan bekas hitam tersebut.

7. Membersihkan Wallpaper
Bekas minyak jari-jari tangan yang sulit hilang di wallpaper bisa dengan mudah dibersihkan. Gosokkan secara lembut dengan spons yang sudah ditaburi baking soda pada noda berminyak tersebut. Lalu bersihkan dengan air bersih dan keringkan.

8. Mengilapkan Microwave
Kotoran yang terdapat di dinding microwave bisa dihilangkan dengan mencampurkan beberapa sendok makan baking soda dengan segelas air ke dalam wadah kaca. Masukkan ke dalam microwave dan masak dalam temperatur tinggi selama 3 menit maka kotoran akan terlepas dengan sendirinya. Gunakan spons basah untuk menyeka kotoran.

Sumber : Reader's Digest

loading...