15 Juli 2015

Inilah Foto Pertama Wajah Pluto Dari Dekat

Tags

Tipsiana.com - Pluto. Manusia tak lagi mengenalnya sebagai anggota dari planet-planet dalam tata surya kita. Tapi bukan berarti manusia tidak lagi tertarik untuk lebih dekat mengenalnya. Kita masih penasaran seperti apa sebenarnya benda mini planet yang berposisi paling luar dari tata surya.

Pada selasa lalu, akhirnya manusia bisa melihat bentuk permukaan Pluto untuk pertama kalinya. Wahana luar angkasa New Horizon yang diluncurkan 10 tahun lalu, telah mendekati Pluto hingga hanya berjarak sekitar 20.700 km. Walau tampak tak terlalu dekat, tapi bila dibandingkan dengan jarak total antara Bumi dan Pluto sebesar 9,144 milyar km, jarak ini relatif sangat dekat.

Dengan gembira pihak NASA mengupload foto pertama permukaan Pluto ini.



Dalam keterangan foto mereka menambahkan, "Gambar yang menakjubkan dari planet kerdil ini difoto dari wahana New Horizons pada sekitar 4 pm EDT pada 13 Juli, sekitar 16 jam sebelum saat pendekatan terdekat. Pesawat ruang angkasa itu berjarak 476.000 mil (766.000 kilometer) dari permukaan."

Ilmuwan NASA akan menjawab semua jenis pertanyaan terkait Pluto dan New Horizons di chat Twitter; dengan hashtag #AskNASA.



New Horizon diluncurkan pada Januari 2006, bahkan beberapa bulan sebelum Twitter lahir :). Ini merupakan sebuah prestasi baru bagi dunia antariksa dan NASA khususnya. Google juga memberikan penghormatan pada prestasi NASA dengan meluncurkan Doodle Wahana New Horizon mengelilingi Pluto di search engine-nya pada selasa kemarin. Selamat untuk NASA, dan selamat datang Pluto. Walau hanya sebuah planet kerdil, kami tetap mencintaimu.

Sumber : today.com

loading...