2 Juli 2015

Hati-hati, Gadget Bikin Anak Berpenyakit Orangtua

Tags

Tipsiana.com - Pernahkah Anda mengalami nyeri dan tegang leher ketika ber-SMS atau saat menggunakan smartphone Anda dalam waktu lama? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan gadget secara berlebihan berisiko mengalami cidera leher. Kondisi ini disebut sindrom 'text-neck'.

Sebuah studi yang dilakukan oleh dokter ahli bedah di New York, Kenneth Hansraj, membuktikan bahwa saat Anda menundukkan kepala ketika menggunakan gadget akan menambah beban di leher Anda hingga 27 kg.

Saat kita menekukkan kepala, tekanan yang dibebankan pada leher kita sama dengan berat seorang balita. Dan bila kita melakukannya dalam jangka waktu lama, jaringan otot leher akan sakit dan meradang. Dan untuk jangka panjang, ini akan berefek sangat buruk.

Jika berlangsung terus menerus, sindrom ini dapat menimbulkan kerusakan permanen yang parah. Jika tidak segera diobati maka akan menyebabkan peradangan pada otot-otot leher, ligamen dan saraf, serta dapat meningkatkan kelengkungan pada tulang belakang.

Gunakan Handphone dengan kepala tegak untuk menghindari sindrom "Text Neck"

Seorang anak berusia 9 tahun yang berasal dari Wuhan, China di diagnosa mengalami sindrom "text-neck", setelah ia menghabiskan waktu beberapa jam bermain game di gadgetnya. Kasus lainnya dialami oleh seorang anak perempuan berusia 12 tahun yang mengalami sakit tulang punggung menyerupai orangtua berumur 50 tahun.

Saran untuk orangtua, pantau dan batasilah anak Anda saat menggunakan gadget. Oya, saran ini juga berlaku untuk Anda.

loading...