6 Juli 2015

Cara Merawat dan Membersihkan Perhiasan Di Rumah

Tags

Tipsiana.com - Perhiasan biasa digunakan untuk menunjang penampilan kita namun perhiasan yang terlalu sering dipakai lama-kelamaan akan menjadi kusam. Apalagi bila perhiasan tersebut termasuk benda kesayangan dan sangat berarti bagi anda seperti emas dan perak atau batu mulia lainnya, tentunya anda tidak ingin benda kesayangan anda tidak terlihat cantik lagi.

Beberapa cara merawat dan membersihkan perhiasan berikut bisa anda lakukan sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur ataupun kamar mandi anda, anda sudah bisa mendapatkan kembali kilau perhiasan anda. Untuk menjaga dan merawat perhiasan hal yang harus anda perhatikan dalam menggunakan perhiasan agar tetap berkilau sebaiknya  :

  • Melepas perhiasan pada saat menggunakan lotion karena lotion dapat mengakibatkan perhiasan menjadi hitam dan kusam.
  • Sebelum berenang di kolam renang atau laut sebaiknya lepaskan dulu perhiasan yang anda pakai. Kandungan kaporit pada kolam renang dan garam pada air laut dapat merusak perhiasan dan mengubahnya menjadi kusam terutama untuk perhiasan berbahan emas.
  • Hindari menyimpan perhiasan di tempat yang terbuat dari bahan kulit sebaiknya gunakan bahan velvet atau suede dan simpan di tempat yang kering.
  • Rajinlah melap perhiasan anda dengan lap dan pembersih seperti autosol. Gunakan lap yang berbahan lembut.
  • Rendam dalam air hangat selama 15 menit dan gosok dengan sikat lembut.
  • Untuk perhiasan berbahan mutiara sebaiknya jangan terlalu lama disimpan, gunakan sesering mungkin dan saat menyimpan gunakan bahan beludru dan jangan menggunakan tempat menyimpan berbahan plastik.
Cara lain yang bisa anda lakukan untuk membersihkan perhiasan anda dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa anda temui di rumah seperti berikut :

1. Minuman Bersoda
Batu mulia seperti rubi, berlian, safir dan zamrud dapat kembali berkilau dengan merendamnya semalaman di air soda.

2.  Tablet Pembersih Gigi Palsu
Rendam tablet dalam mangkuk berisi air, setelah larut masukkan perhiasan anda dan tunggu selama beberapa menit rendaman. Cara ini bisa anda terapkan untuk perhiasan berbahan berlian maupun manik-manik direndam selama 2 menit dan untuk berbahan stainless steel selama 5 menit. Cuci bersih dengan air setelah perendaman.

3.Aluminium Foil
Tempatkan aluminium foil ke dalam mangkuk, isi mangkuk dengan air panas dan satu sendok makan deterjen non-pemutih. Masukkan perhiasan dan rendam selama 1 menit, bilas lalu keringkan. Cara ini sangat cocok untuk perhiasan jenis perak.

4. Baking Soda
Untuk membersihkan perhiasan seperti emas dan perak, campur 1/4 gelas baking soda dengan 2 sendok makan air. Terapkan dengan menggunakan spons basah dan gosok dengan lembut. Bilas hingga bersih, keringkan. Cara ini tidak cocok untuk perhiasan berbahan permata, mutiara dan batu-batuan.

5. Pasta Gigi
Untuk memberikan kemilau pada berlian, oleskan sedikit pasta gigi pada sikat gigi bekas dan gosokkan secara lembut pada permukaan berlian. Bersihkan sisa pasta gigi dengan kain lembab.

6. Sabun
Untuk perhiasan berbahan mutiara nada bisa gunakan sabun dengan formula lembut yang non-alkohol seperti sabun cuci tangan, kemudian campurkan dengan air hangat. Keringkan dengan menggunakan handuk kering sambil ditekan ringan hingga mutiara kering.
 Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan batu akik namun air yang digunakan lebih baik air dingin saja, walau kadang ada beberapa batu yang bisa dicuci dengan air hangat.

loading...