15 Juli 2015

9 Tokoh Terkenal Yang Mati dengan Cara Konyol

Tags

Tipsiana.com - Para tokoh terkenal dalam sejarah ini sepanjang hayatnya hidup dalam keadaan bermartabat. Mereka telah mampu membuktikan diri pada dunia hingga terus dikenang sepanjang sejarah. Namun siapa sangka, hidup mereka harus berakhir dengan cara yang konyol dan memalukan.

Frederick Barbarossa, Kaisar Jerman

Komandan militer yang terkenal, Barbarossa meninggal pada 1190 saat berkecamuk perang salib yang memperebutkan kerajaan Jerussalem. Sayangnya sang pemimpin perang ini tidak meninggal dengan cara heroik.

Saat ia bersama pasukannya berjalan menyusuri rute menuju Jerussalem, ia dihadapkan pilihan apakah harus memutari gunung yang memakan waktu lama, atau menyeberang sungai dalam yang akan menghemat waktu tempuh pasukannya. Ia memutuskan untuk menyeberang sungai Calycadmus. Untuk meyakinkan pasukannya kalau mereka bisa melewati sungai itu dengan berenang, ia menceburkan diri ke sungai dan mencoba menyeberanginya.

Tapi ia salah besar, Barbarossa hanyut tenggelam tak lama setelah melompat ke dalam sungai. Seluruh pasukan akhirnya urung melanjutkan perjalanan ke Jerussalem. Perang salib ketiga akhirnya harus berakhir dengan bencana bagi Eropa karena mereka kalah sebelum berperang.


Allan Pinkerton, Detektif

Pendiri kantor agen detektif terkenal, Allan Pinkerton, mati dengan cara konyol. Dia jatuh tersandung dan lidahnya tergigit. Karena dalamnya luka gigitan menyebabkan jaringan lidahnya menjadi mati, ia mengalami gangren. Infeksi membunuhnya beberapa minggu kemudian.

Detektif Allan Pinkerton dikenal dekat dengan Presiden Abraham Lincoln. Dalam sebuah foto tampak ia sedang bersama Abraham Lincoln dan Mayjen McClernand.



Jack Daniel, Pengusaha Wiski

Jack Daniel terkenal karena wiskinya. Tak banyak yang tahu kalau kematiannya berakhir dengan cara memalukan. Suatu pagi Jack frustasi dan menendang lemari besinya. Kakinya luka dan terkena infeksi, sampai akhirnya telapak kakinya harus di amputasi. Tak sampai disitu, infeksi yang ia derita ternyata menyebar dan ia harus kehilangan seluruh kakinya. Akhirnya Jack Daniel meninggal pada 1911 akibat gangren (kematian jaringan tubuh akibat luka infeksi).


Harry Houdini, Pesulap

Ia adalah pesulap yang paling terkenal di dunia pada 1926. Saat ia sedang berada di ruang ganti sebelum melakukan pertunjukan, dua orang mahasiswa menemuinya dan meminta Houdini menunjukkan kemampuan sulap tahan pukul pada mereka. Houdini setuju dan salah seorang dari mereka memukul perut Houdini dengan sangat keras. Dia memang membual mampu menahan pukulan sekeras apapun dan kali ini iapun berhasil menahannya, padahal yang sebenarnya ia menderita sakit luar biasa pada bagian perutnya.

Hanya saja, ia biasanya butuh waktu memulihkan kondisinya sebelum melakukan pertunjukan, namun waktunya mepet, ia harus tampil lagi di acara selanjutnya. Dalam sakit yang luar biasa, Houdini masih melakukan aksinya dua hari kemudian dan akhirnya meninggal dunia karena usus buntunya ternyata pecah.


Sir Francis Bacon, Cendikiawan

Anda ingat William Shakespeare? penelitian terakhir mengarahkan bahwa pengarang Romeo dan Juliet yang fenomenal itu sebenarnya adalah Sir Francis Bacon. Ia juga dikenal sebagai filsuf, negarawan, ilmuwan, pengacara, ahli hukum dan penulis yang punya kontribusi yang besar pada kerajaan Inggris.

Tapi dalam keglamouran hidup di lingkungan istana, ia meninggal dengan cara cukup konyol. Ia meninggal akibat eksperimennya pada ayam yang diletakkan di salju pada 1626. Bacon berpendapat ayam dapat bertahan tetap segar bila dijejalkan salju kedalamnya. Jadi ia bereksperimen sambil berdiri di tengah dinginnya salju sampai akhirnya menderita pneumonia dan akhirnya meninggal.


Aiskhilos, Filsuf Yunani

Aiskhilos dikenal sebagai bapak drama tragedi. Namanya berasal dari kata aiskhos yang bermakna "rasa malu".  Ia mengembangkan drama Aristoteles dengan memperbanyak tokoh agar menambah konflik pada dramanya.

Tapi yang membuatnya paling dikenal adalah cara dia meninggal yang benar-benar tragedi konyol pada 455 SM.  Menurut legenda yang tersebar, seekor elang biasanya memangsa kura-kura dengan cara membawanya terbang tinggi dan menjatuhkannya diatas batu agar cangkang kura-kura pecah. Nah, Aiskhilos yang berkepala botak dikira batu oleh si elang dan ia menjatuhkan kura-kura tepat di atas kepala botaknya dari ketinggian. Ia mati tertimpa kura-kura.


Draco, Anggota Dewan Yunani

Draco terkenal pada masanya karena ia menerapkan hukum dengan sangat ketat. Istilah "draconian law" yang berarti "hukum kejam" berasal dari dirinya. Namun meski begitu, ia dicintai oleh banyak orang Yunani.

Saking banyaknya yang mencintai dan menghormatinya, pada salah satu pidatonya pada abad ketujuh, orang-orang melemparkan topi dan mantel mereka keatas panggung sebagai penghormatan atas kehebatan pidato Draco. Topi dan mantel itu bertumpuk menutup tubuh Draco sampai akhirnya ia mati lemas kekurangan udara dibawah tumpukan penghormatan tersebut.


Jimi Hendrix dan John Bonham, Musisi

Jimi Hendrix dinobatkan sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa. Karirnya begitu cemerlang dan mencapai puncaknya pada 1970. Dan pada tahun itu pulalah ia harus mati pada usia 27 tahun. Ia mabuk berat dan mengalami over dosis narkoba dan meninggal karena tersedak muntahnya sendiri.

Sepuluh tahun kemudian, Drummer Led Zeppelin, John Bonham juga mabuk berat dengan menghabiskan 16 gelas Vodka. Ia jatuh tertidur dan ditemukan tewas pagi berikutnya. Visum menunjukkan ia tersedak muntahan dan mengalami sesak nafas.


loading...