16 Juli 2015

5 Berita Hoax Yang Beredar Di Media Sosial

Tags

Tipsiana.com - Sekarang ini dirasakan begitu mudahnya mendapatkan informasi di internet, baik informasi yang bersifat pribadi maupun umum bisa diakses melalui handphone, tablet maupun komputer. Media yang tersedia untuk menampilkan berbagai informasi-informasi juga sangat beragam, terlebih di media sosial.

Di media sosial informasi begitu mudahnya didapat dengan hanya meng-klik tombol share, informasi tersebut segera tersebar luas. Namun sebagai pengkonsumsi berita sebaiknya kita pintar memilah setiap informasi. Beruntung bila informasi bermuatan hal-hal yang positif, tidak sedikit juga berita yang tersebar ternyata berita bohong (hoax) yang akhirnya akan merugikan dan menyesatkan pembaca.


1. KFC Berbahan Daging Tikus

Sebuah postingan yang diunggah oleh Devorise Dixon berupa foto yang mengatakan bahwa daging ayam goreng KFC yang baru dibelinya berasal dari daging tikus. Dia mengatakan saat hendak memakannya daging tersebut terasa keras dan kenyal.

Kejadian ini mendapat sambutan dari pihak KFC untuk melakukan investigasi langsung mencari kebenaran berita tersebut, namun Dixon sebagai orang yang mempublikasikan berita ini enggan bekerja sama dalam investigasi. Pihak KFC meminta beliau untuk datang kembali ke restoran dengan barang buktinya. Foto yang diposting Dixon hanya menunjukkan satu sisi, sedangkan di foto kedua tidak dipublikasikannya. Dari foto kedua ini dipastikan kalau daging yang dikatakan sebagai daging tikus itu sebenarnya daging ayam, bisa dilihat dari dagingnya yang berwarna putih.



Dixon sebagai pengunggah tidak bersedia menunjukkan barang bukti daging ayam yang diduga daging tikus tersebut. Sehingga pihak KFC menyatakan bahwa Dixon hanya menebar berita bohong.

2. Tips Tusuk Jari Pertolongan Pertama Saat Stroke

Stroke pada masa sekarang bisa menyerang siapa saja, yang berusia muda maupun lanjut bisa saja terkena stroke. Penanganan terbaik bagi orang yang diduga terserang stroke adalah segera membawanya ke rumah sakit, sehingga langsung mendapat penanganan untuk diberikan terapi reperfusi yang bertujuan memperlancar pembuluh darah yang tersumbat. Dan menurut Dr. John Vega yang disampaikan pada about.com, dalam waktu 3 jam penderita stroke hendaknya segera mungkin diberikan t-PA yaitu obat yang berfungsi memecah gumpalan darah.


Dalam hal menusuk pada ujung jari korban stroke hingga berdarah menurut Dr. Rupinder S., langkah tersebuttidaklah dianjurkan. Darah yang keluar dari ujung-ujung jari korban tidak akan mempengaruhi aliran darah di otak. Menusuk kesepuluh jari korban dan menunggu reaksi dari korban malah akan memakan waktu yang seharusnya ditangani secepat mungkin dengan membawanya ke rumah sakit. Hal lain yang patut dikhawatirkan luka bekas tusukan yang timbul setelah penusukan jari korban akan semakin parah bila korban menderita penyakit lainnya.

3. Cut Nyak Din Berhijab

Munculnya berita mengenai lukisan Cut Nyak Din yang selama ini tanpa penutup kepala atau hijab tidaklah sesuai dengan kenyataannya. Dalam tulisannya dikatakan ini hanyalah ulah pemerintah sekuler untuk menyesatkan generasi penerus dalam memahami sejarah. Gambar ini di dapat dari sebuah page facebook ditampilkan foto asli Cut Nyak Din yang berhijab berdampingan dengan lukisan Cut Nyak Din yang kita ketahui selama ini.

Pada foto disebelah kanan terlihat seorang wanita duduk dengan menggunakan hijab dan disebutkan sebagai foto Cut Nyak Din. Dikatakan berita ini hoax karena sesungguhnya foto wanita berhijab itu bukanlah Cut Nyak Din melainkan foto istri Panglima Polim yang dikoleksi oleh KITLV Belanda. Yang dalam foto lainnya terlihat istri Panglima Polim ini tidak berhijab

Istri Panglima Polim berdiri disebelah kanan
Dari foto ini terlihat cara berpakaian wanita Aceh dulu selalu menggunakan kain sebagai penutup kepala. Dan sebagai seorang perempuan Aceh Cut Nyak Din juga menggunakan kain penutup kepala seperti yang terlihat pada gambar yang diambil setelah Cut Nyak Din tertangkap oleh Belanda.

Terlepas dari polemik Cut Nyak Din berhijab atau tidak, beliau tetaplah seorang pahlawan yang sangat berjasa untuk bangsa ini.

4. Microchip Pencuri Data Di Handphone Samsung

Berita mengenai sebuah microchip yang ditanamkan dibalik baterai HP Samsung yang dapat mencuri data dan foto pribadi dari ponsel pintar ini sempat tersebar di jejaring sosial. Dikatakan microchip itu akan langsung mengupload ke internet secara otomatis data-data yang bersifat pribadi. Bahkan tayangan video pembongkaran baterai HP Samsung tersebut juga diunggah di Youtube.

Meskipun benar terdapat sebuah kumparan pada baterai HP Samsung, namun kumparan itu bukanlah microchip rahasia seperti yang disebutkan dalam berita tersebut. Melainkan kumparan yang sebenarnya antena NFC (Near Field Communication).

Berita mengenai NFC ini juga telah disampaikan pihak Samsung dalam iklan resminya, yang digunakan sebagai alat berbagi data antara dua perangkat. Tidak hanya HP Samsung yang berbasis android, antena ini juga digunakan pada perangkat Iphone.

5. Bruce Lee Bermain Ping Pong

Dalam sebuah video kompilasi tentang Bruce Lee, terlihat satu adegan Bruce Lee bermain ping pong menggunakan nunchaku. Pada kenyataannya video ini bukanlah diperankan oleh Bruce Lee, melainkan aktor yang mirip dengan Bruce Lee dan beradegan berpura-pura bermain ping pong.


Video ini merupakan bagian dari iklan Nokia di tahun 2008 untuk ponsel Nokia N96. Video ini merupakan karya digital yang dibuat dengan teknologi komputer. Video ini dibuat oleh JWT, sebuah tim kreatif dari Beijing yang dipercayakan untuk membuat video promosi ini. Seperti yang disampaikan mereka pada sebuah wawancara dengan Agency Asia, http://agency.asia/issue-02/126-inter%C2%ADviews/237-jwt-beijing.html.
Tim Kreatif  Bruce Lee Playing Ping-Pong, JWT Beijing

Dengan begitu sebaiknya kita bersikap bijak dalam memilih dan memilah berita yang kita baca, jangan sampai kita menjadi penyebar berita yang belum tentu kebenarannya.

Sumber : Berbagai Sumber

loading...