23 Juni 2015

Truk Dengan Layar ini Membuat Pengendera Aman Mendahuluinya

Tags

Truk besar semi trailer merupakan halangan yang berbahaya dan membuat stres pengendara di jalan raya. Pengendara biasanya sangat susah untuk mendahului truk-truk besar tersebut, karena pandangan pengendara di depan terhalang besarnya badan truk.

Samsung memiliki ide cemerlang  yang membuat pengendara dapat melewati truk-truk besar mereka dengan aman. Mereka memasang layar tv besar di bagian belakang truk yang menayangkan kondisi jalanan di depan truk secara real-time, sehingga pengendara yang hendak melewati truk tersebut dapat dengan aman mendahuluinya.


Menurut video dari Samsung, hampir satu orang meninggal setiap jam karena kecelakaan lalu lintas di Argentina. Negara ini juga memiliki banyak jalan dengan jalur dua arah tanpa pembatas. Dan dengan alasan tersebutlah mereka membuat 'truk aman' ini .

Sistem ini sangat sederhana namun berbiaya cukup besar. Sebuah kamera kecil yang terletak dibagian depan truk menyiarkan kondisi jalan di depannya yang kemudian ditayangkan pada layar besar yang terletak di bagian belakang truk. Kamera ini juga dilengkapi mode berkendara malam, sehingga saat malam, layar akan tetap menampilkan kondisi jalan dengan jelas.



Sampai saat ini truk aman milik Samsung ini masih dalam bentuk purnarupa (prototype), namun mereka optimis model ini dapat dioptimalkan dan diaplikasikan ke truk-truk lainnya. Masalahnya, kalau dibuat di Indonesia, apakah layar TV tersebut aman dari 'tangan-tangan kreatif  mahluk jalanan'?

loading...