3 Juni 2015

Punya Banyak Kemampuan, Robot Origami Mini Ini Juga Bisa Larut Dalam Cairan

Tags

Sebuah robot mini bermesin mikro diciptakan oleh para ilmuan MIT dan TU Munich. Robot origami mini ini mampu merakit diri, berjalan diatas berbagai permukaan, berenang, membawa barang, dan mampu mendaki lereng.

Mesin robot ini hanya berbobot 0,31 g dan berukuran 1,7 cm, terbuat dari plastik PVC dan sebuah magnet kecil. Karena terbuat dari plastik, badan robot ini dapat larut bila dimasukkan ke dalam Aseton.

Kemampuan berubah bentuk robot ini layaknya seperti robot fiksi di film Transformers. Ide untuk bisa merakit diri dan menggunakan tenaga penggerak dari magnet didapat melalui cara-cara yang cerdas.

Selembar PVC dipotong dengan teknologi laser untuk dijadikan beberapa lembaran struktur robot yang dapat melipat sendiri bila ditempatkan pada elemen pemanas. Tenaga penggerak diperoleh dari denyut gelombang  elektomagnetik dari kumparan magnet yang diletakkan dekat dengan mesin mikro.

Setelah selesai bermain-main dengan robot ini, Anda dapat mendorong robot ke dalam aseton dan tubuh robot itu sepenuhnya akan larut (kecuali magnetnya). Ilmuwan kini sedang menguji kemungkinan membuat struktur tubuh robot yang dapat larut dalam air.



Walau masih sulit, membuat tubuh robot mini ini larut dalam air bukan hal yang mustahil. Ilmuwan meyakini akan berhasil membuatnya dalam waktu dekat. Ilmuwan juga sedang mengembangkan memasang sensor pada robot origami ini agar nanti, saat robot ini bisa dibuat lebih kecil lagi, akan dapat berguna untuk operasi  dalam tubuh manusia.

Robot yang multi kemampuan ini dikembangkan sejak tahun 2012 dan memulai debutnya pada IEEE International Conference on Robotics and Automation di Seattle, AS.


Sumber : spectrum.ieee.org

loading...