16 Juni 2015

Kapan Sebaiknya Pakaian Anda Dicuci?

Seberapa sering anda mencuci pakaian yang anda gunakan? Untuk alasan kebersihan mungkin hampir seluruh pakaian setelah habis pakai akan langsung anda masukkan ke dalam mesin cuci. Padahal kebiasaan ini belum tentu baik. Apalagi mencuci menggunakan mesin cuci biasanya membutuhkan banyak deterjen, yang malah akan membuat pudar pakaian anda. Jadi agar pakaian berwarna anda tetap awet sebaiknya jangan terlalu sering mencucinya.

Waktu yang tepat untuk mencuci pakaian yang telah anda gunakan bisa dibedakan dari jenis pakaian. Karena tidak semua pakaian yang telah dipakai harus langsung dicuci. Pakaian-pakaian tersebut bisa anda cuci setelah beberapa kali pemakaian.

Menjadi pengecualian bila pakaian-pakaian tersebut benar-benar kotor, maka jangan ditunda lagi, langsung saja dicuci. Berikut daftar pakaian dan berapa kali penggunaannya sebelum harus masuk ke mesin cuci.


1. Rok dan Celana

Dicuci setelah : 6 kali pakai


Pakaian jenis ini digunakan pada saat-saat khusus dan biasanya dibuat dari bahan yang tahan dari noda dan bau. Bila pakaian anda ini memiliki pasangan, sebaiknya cuci bersamaan dengan setelannya agar menghindari salah satu pakaian terlihat lebih cepat pudar.

2. Jeans

Dicuci setelah : 5 kali pakai

Terlalu sering mencuci jeans akan memudarkan warna jeans kesayangan anda, cucilah jeans anda setelah 5 kali pemakaian. Celana jeans yang terlalu sering dipakai lama kelamaan akan menjadi longgar, proses pencucian dapat menormalkan kembali celana jeans anda. Yang perlu diingat cuci jeans anda dengan air dingin untuk mempertahankan warna aslinya.

3. Pakaian Putih dan Pakaian Berbahan Sutra

Dicuci setelah : Setiap kali habis pakai

Jika anda ingin warna pakaian putih anda tetap terlihat seperti warna aslinya, rajinlah mencucinya setiap kali habis pakai. Noda dan keringat yang menempel pada pakaian putih bila terlalu lama dibiarkan akan membekas. Begitu juga dengan pakaian berbahan sutra yang mudah menyerap keringat, harus segera dicuci agar bau keringat tidak menempel.

4. Sarung Tangan, Syal dan Topi

Dicuci selama : 4 kali per 3 bulan pemakaian

Kebanyakan orang jarang mencuci syal, topi dan sarung tangannya, mencucinya hanya jika bau tidak enak mulai tercium. Padahal seringnya pemakaian akan membuat kotoran menumpuk. Bisa dari debu, keringat, minyak wajah atau bahkan noda dari make up.

5. T-Shirt

Dicuci setelah : tiap kali habis pakai


T-shirt adalah pakaian yang paling sering dipakai, akan dicuci setelah beberapa kali pemakaian. Sebenarnya pakaian ini wajib dicuci setelah pakai karena dipakainya langsung kontak dengan kulit kita. Terkecuali, jika pemakaian hanya beberapa jam dan anda tidak berkeringat saat memakainya. Anda mungkin masih bisa memakai lagi keesokan harinya.

6. Pakaian Tidur dan Sweater

Dicuci setelah : 3 kali pakai

Perlu dilihat dulu kondisi saat memakai pakaian tidur seperti jenis piyama, apakah dingin atau panas. Jika suhu kamar dingin maka anda bisa menggunakannya sebanyak 3 kali pemakaian. Dan jika suhu ruangan panas, cukup 2 kali pakai sebaiknya anda cuci piyama anda. Karena menurut beberapa penelitian tidur dengan piyama yang kotor dapat mengakibatkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Sweater biasanya dibuat dari bahan yang menyerap kotoran, debu dan keringat, tidak seperti pakaian luar lainnya yang bisa dicuci setelah berkali-kali pemakaian. Dengan demikian perlu dicuci relatif sering.

7. Pakaian dalam dan renang

Dicuci setelah : Habis pakai..!

Karena bersentuhan langsung dengan kulit dan berada di area lembab, jadi tidak ada alasan lagi untuk memakainya berulang kali. Begitu juga dengan pakaian renang yang habis kita gunakan di kolam renang, segeralah cuci sebelum anda memiliki masalah dengan kulit anda.

9. Legging

Dicuci setelah : 2 kali pakai

Sebenarnya ini juga harus dilihat kondisi saat pemakaian apakah anda terlalu berkeringat atau tidak saat memakai legging. Namun maksimal pemakaian sebaiknya 2 kali pakai, demi kenyamanan anda dan juga menghindari bau tak sedap.

Baca juga : Tujuh Trik Membuat Sepatu Anda Lebih Nyaman Dipakai
Inspirasi : Lifehack

loading...