15 Juni 2015

Kalimat Ajaib Mengatasi Tingkah Anak

Sebagai orang dewasa yang telah dititipkan sebuah anugerah dari Tuhan yaitu anak, maka predikat 'orang tua' serta merta menjadi gelar bagi kita. Perlu kearifan dan kebijaksanaan dalam mendidik anak agar anak menjadi pribadi yang positif.

Mendidik anak bukanlah perihal gampang, faktor lain yang kadang mempengaruhi emosi kita sebagai orang tua malah menjadikan anak sebagai luapan kekesalan. Jangan sampai kata-kata negatif yang kita lontarkan baik disengaja atau tidak terpatri dalam pikiran anak, yang menjadikannya berperangai kasar.


Dengan sedikit kesabaran, kita bisa memenangkan hati mereka agar menjadi anak yang penurut dengan selalu berkata-kata baik. Misalnya dengan menggunakan kalimat-kalimat di bawah ini yang bisa anda gunakan untuk mengatasi segala tingkah laku mereka.


Bila anak anda menangis, jangan buang waktu untuk mendiamkannya. Alihkan fokusnya dengan membawa ke ruang terbuka dan katakan : "Lihat burung di atas pohon itu, cantik y?!" atau "Lihat awan di langit, bentuknya seperti es krim". Karena secara psikologi manusia menunduk saat menangis, dengan mengalihkan perhatiannya untuk melihat ke atas maka akan segera menghentikan tangis anak.


Anak-anak tentunya tidak lepas dari kesukaan bermain, bila mereka terlalu lama bermain dan anda ingin mereka untuk berhenti bermain, jangan katakan : "Sudah mainnya, berhenti sekarang?" Tapi katakan : "Mainnya 5 menit lagi ya?!" Kemudian ingatkan kembali : "Dua menit lagi ya". Kemudian baru katakan :"Ayo, waktu mainnya sudah habis". Dengan begitu mereka akan berhenti bermain.

Jika anak sedang bertingkah berlebihan dan menimbulkan keriuhan dan ingin mereka diam, maka alihkan perhatian mereka dengan mengatakan :"Siapa yang mau mendengarkan cerita ibu? angkat tangan..". Salah satu anak akan mengangkat tangan disusul oleh anak lainnya, dan semuanya akan diam.

Sewaktu anak hendak tidur, katakan kepadanya : "Tidur sayang, besok pagi kan kita sholat subuh", dengan begitu perhatian mereka akan selalu ke akhirat. Jangan katakan :"Ayo tidur, besok kan sekolah", akhirnya mereka tidak sholat subuh karena perhatiannya adalah dunia.

Nikmati masa kecil anak-anak anda karena waktu akan berjalan sangat cepat. Kenakalan mereka tidak akan lama dan semua itu akan menjadi kenangan. Bermainlah dan berguraulah bersama mereka, buat waktu khusus agar bisa bercengkrama bersama anak-anak.

Saat waktu khusus tersebut sebaiknya matikan alat komunikasi anda, gadget ataupun televisi. Jika ada teman yang menelepon untuk urusan yang tidak penting maka katakan :"Maaf, saya sedang sibuk dengan anak-anak". Perkataan ini tidak akan menjatuhkan wibawa anda atau hilangnya kepribadian anda. Orang yang bijaksana pasti tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai pendidikan anak. 

Baca juga : 5 Trik Agar Anak Suka Makan Sayur

loading...