23 Juni 2015

Jangan Buang Sisa Sayur Anda

Tags

Mulai sekarang tidak perlu membuang sisa sayur segar yang telah anda beli. Anda bisa memanfaatkannya dengan menanam kembali dan hanya butuh beberapa waktu anda bisa menikmati lagi sayur segar tersebut.

Dengan menanam ulang sisa pangkal batang dari sayur mayur anda bisa memperoleh sayuran segar hasil bertanam sendiri. Tidak perlu kebun untuk menanam sayur mayur ini. Cukup memanfaatkan cawan air sebagai media awal bertanam lalu dilanjutkan dengan pot-pot berisi tanah, anda sudah bisa memiliki kebun mini di dapur anda sendiri.

Anda bisa memulai dari jenis sayur yang mudah tumbuh, sebut saja seledri, sawi atau selada dan daun bawang.


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memotong pangkal sayur. Bila pada pangkal sayur tidak terdapat akar tidak apa-apa, anda masih bisa memanfaatkannya.


Selanjutnya ambil mangkuk atau gelas untuk menempatkan potongan pangkal sayur tadi dan isi dengan sedikit air.


Kemudian letakkan sayuran tersebut di tempat yang terkena cahaya matahari. Dalam waktu dua sampai tiga hari tunas baru akan mulai muncul.


Selama masa menunggu tumbuhnya tunas sayur-sayur ini, rajinlah mengganti media air setiap harinya untuk menghindari pembusukan. Sekitar seminggu lebih, tunas-tunas akan semakin berkembang.


Setelah dinilai cukup besar, anda bisa mulai memindahkan sayuran ini ke dalam pot yang berisi media tanah.


Jangan lupa untuk meletakkan pot di tempat yang cukup sinar matahari dan tetap jaga kelembaban tanah dengan rajin menyiraminya. Nah, sayuran sisa ini sudah bisa anda manfaatkan kembali dengan mengambil seperlunya.


Sayuran lain yang bisa anda manfaatkan adalah wortel, kentang, sereh, bawang  namun jenis sayur ini membutuhkan waktu agak lama untuk bisa dikonsumsi kembali.

loading...