18 Juni 2015

Inilah Rupa Mikroba Di Tangan Anak Sehabis Bermain

Tags

Seorang teknisi laboratorium di California, Tasha Sturm, membuat foto luar biasa yang menggambarkan betapa banyaknya mikroba yang hidup di telapak tangan kita. Foto tersebut mengambil gambar jutaan mikroba berwarna-warni dari sebuah cawan petri yang sebelumnya ditempelkan telapak tangan seorang anak berumur 8 tahun yang baru selesai bermain.

Cawan petri  awalnya diberikan media tumbuh mikroba berupa TSA (Tryptic Soy Agar). Media  ini berguna sebagai makanan bagi mikroba yang akan dibiakkan. Kemudian telapak tangan anaknya sendiri yang baru selesai bermain di luar rumah di tempelkan ke media berbentuk gel ini. Ia lalu menginkubasi cawan petri tersebut dan membiarkan bakteri tumbuh selama beberapa hari.


Hasil inkubasi mikroba tersebut benar-benar mengagumkan sekaligus agak menyeramkan. Cawan petri tersebut ditumbuhi beragam mikroba berupa bakteri, jamur dan fungi di sepanjang tempelan telapak tangan anaknya. Karena pertumbuhan yang begitu masif, semua mikroba itu dapat dilihat kasat mata.


Meskipun cawan petri yang menghasilkan mikroba tersebut harus diperlakukan dengan hati-hati, kebanyakan bakteri yang ada di tangan kita adalah normal dan tidak berbahaya bagi tubuh. Dalam jumlah yang normal, berbagai jenis bakteri tidak akan mampu membuat kita sakit karena sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaan kita mampu menangkalnya.


Dari foto terlihat berbagai jenis struktur dari koloni bakteri yang berbeda-beda. Mereka memiliki karakteristik mikroskopis masing-masing, Mikroba menciptakan koloni yang berbeda warna, bentuk, tekstur dan ukuran. Pada titik tertentu, foto ini terlihat mengagumkan. Pesan moralnya adalah: jangan lupa suruh anak Anda untuk mencuci tangan memakai sabun sebelum makan.

loading...