8 Juni 2015

Delapan Trik Sederhana Mengusir Serangga Pengganggu

Tags

Rumah yang bersih tidak hanya bersih dari kotoran debu dan barang-barang yang tertata rapi, tapi juga menjaga agar serangga tidak berkembang biak di dalam rumah. Persediaan makanan Anda harus tetap terjaga dari jangkauan serangga untuk menjamin higienitasnya.

Tapi kita hidup di alam tropis, yang berarti serangga adalah hewan yang paling mudah berkembang biak dan berkeliaran di rumah. Nyamuk, kecoa, rayap, semut bahkan lebah, selalu menyelinap yang membuat kita sering kerepotan mengatasinya.

Trik berikut ini menawarkan kepada Anda berbagai pilihan solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi serangga yang menyerang rumah Anda. Silahkan gunakan yang menurut Anda paling mudah diaplikasikan sesuai kebutuhan untuk mengusir serangga.

1. Kayu manis dapat menangkal semut


Gunakan bubuk kayu manis menjadi semacam penghalang di sekeliling makanan yang ingin Anda lindungi. Penghalang tidak usah terlalu besar tapi wajib membentuk lingkaran yang menutup agar semut tidak bisa melewatinya. Cara ini sering digunakan peternak lebah madu untuk menghalau dan mengusir semut yang ingin menyerang sarang lebah.

2. Lilin aromatik jeruk buatan sendiri


Potong jadi dua jeruk lalu buang isinya. Campurkan lilin yang telah dicairkan dengan 20 tetes minyak esensial citronella. Lalu tuangkan kedalam belahan jeruk tadi dan letakkan sumbu. Tunggu sampai dingin. Lilin anti serangga yang wangi siap digunakan untuk mengusir serangga.

3. Lemon dan cengkeh anti tawon


Tusukkan sekitar 10 buah cengkeh kedalam setengah buah lemon. Lalu potong bagian dasar lemon agar bisa di dudukkan. Lebah tidak menyukai aroma cengkeh dan lemon.

4. Sepiring air sabun bisa menjadi perangkap nyamuk


Anda bisa membuat nyamuk menghilang dengan cara meletakkan sepiring air sabun di tempat yang strategis. Nyamuk akan tertarik dengan sumber air dan mereka akan terperangkap oleh gelembung sabun dan akan tenggelam.

5. Tanam bawang putih di kebun Anda


Memakan bawang putih untuk mencegah digigit nyamuk ternyata tidak efektif. Tapi dengan menanam bawang putih di sekitar rumah ternyata cukup efektif mengusir nyamuk.

6. Gunakan botol bekas minuman sebagai perangkap kecoa


Ambil sebuah botol bekas minuman lalu potong bagian atasnya. Balikkan bagian atas tersebut dan masukkan ke bagian badan botol sehingga menjadi semacam corong yang menghadap ke bawah. Letakkan sedikit air dicampur sabun kedalam botol. Letakkan botol jebakan tersebut di lokasi yang biasa di datangi kecoa. Kecoa akan masuk kedalam jebakan dan tenggelam.

7. Gunakan Baby Oil untuk mencegah gigitan nyamuk


Ini bukan promosi, baby oil memang biasa digunakan untuk  bayi. Namun ternyata baby oil sangat efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. Dan bagian terbaiknya, Anda akan wangi seperti bayi.

8. Lavender, Cedar dan Mint adalah pengusir serangga alami


Meskipun bagi kita tanaman ini berbau harum mewangi, namun bagi kebanyakan serangga sangat membenci bau tanaman ini dan akan lari menjauh.

loading...