28 Mei 2015

The Power of Paper Clip: Penjepit Kertas yang Multi Guna

Tags

Penjepit kertas merupakan salah satu alat sederhana yang tanpa diduga memiliki banyak kegunaan. Bentuk logam kecil melingkar yang fleksibel mempunyai fungsi lain yang tak hanya sekedar menjepit kertas dalam tumpukan berkas kantor.

Entah itu perbaikan darurat untuk resleting baju atau bisa juga digunakan untuk membersihkan lubang kecil di handphone. Disini kita akan melihat kemampuan penjepit kertas yang dapat mempermudah hidup Anda.


Membersihkan lubang earphone

Luruskan kawat penjepit kertas dan bungkus dengan sedikit selotip diujungnya. Ini akan menjadi pembersih lubang earphone yang handal untuk smartphone atau tablet Anda. Debu pada lubang kecil earphone akan menmpel pada selotip.


Membuat sandaran smartphoe

Satu atau dua penjepit kertas ukuran sedang bisa digunakan untuk membuat smartphone Anda berdiri tegak. Jadi Anda bisa menikmati youtube atau video call tanpa harus lelah menggemggam smartphone Anda. Bisa juga dimodifikasi sebagai tripod untuk mengambil foto.


Membuka lubang botol kecil yang tersumbat

Penjepit kertas juga bisa sangat berguna untuk menghilangkan sumbatan di botol lem yang kering atau botol-botol yang memiliki lubang mulut kecil yang tersumbat.


Memperbaiki tarikan resliting

Tarikan resliting jaket atau tas yang rusak bisa jadi masalah besar saat Anda di perjalanan. Mengakali penjepit kertas menjadi tarikan resliting darurat bisa digunakan untuk sementara waktu sebelum Anda memperbaikinya.


Membuat pembatas buku

Menambahkan sedikit kertas karton warna-warni pada penjepit kertas bisa merubahnya menjadi pembatas buku yang cantik.



Pengganti kancing yang lepas

Penjepit kertas bisa juga digunakan sebagai kancing darurat saat kancing baju kesayangan Anda copot. Biasanya paper clip bisa bertahan lama sampai Anda memperbaikinya ke tukang jahit.


Menjadi Pengait buatan

Pengait buatan dari penjepit kertas ukuran besar ini cukup kuat untuk menahan tas kecil atau baju Anda.


Pengaman selotip

Selotip kadang menjengkelkan. Kita sering repot mencari mana ujung selotip untuk dibuka. Dengan menyelipkan penjepit kertas kecil di ujungnya akan mencegah ujung selotip merekat dan memudahkan Anda memakainya saat dibutuhkan


Membuat Kompas

Jika Anda punya magnet kecil, Anda bisa mempolarisasi logam dari penjepit kertas untuk digunakan sebagai jarum kompas. Letakkan hati-hati magnet kecil bersama penjepit kertas kecil dan gabus keatas air, Anda telah membuat kompas sederhana.


Merapikan gulungan kabel

Menggunakan karet gelang yang digulung dan diselipkan penjepit kertas dapat membuat gulungan kabel anda menjadi rapi dan mudah dibongkar pasang.


Mereset Alat Elektronik

Beberapa alat elektronik seperti modem atau pemutar DVD biasanya memiliki lubang kecil untuk mereset atau mengeluakan DVD secara manual. Silahkan gunakan ujung penjepit kertas untuk melakukannya.


Bagaimana? punya ide lain selain kegunaan penjepit kertas diatas?

loading...