6 Mei 2015

Melirik Rahasia Menabung Orang Kaya

Tak ada seorangpun yang tak ingin punya uang berlimpah. Jika Anda pernah penasaran bagaimana orang kaya dan sukses bisa punya begitu banyak uang, Anda wajib membaca artikel ini. Sebagian dari gaya dan cara menabung orang kaya ini bisa kita terapkan di keseharian kita. Semoga suatu saat bisa mengikuti jejak mereka, menjadi orang kaya.

Tips ini juga berisi kutipan nasehat dari orang-orang sukses yang benar-benar menapak kemapanan dari dasar. Mungkin sebagian dari kita takkan menyangka sebelumnya gaya menabung si kaya berikut ini.

1. Hati-hati dengan pengeluaran-pengeluaran kecil

Kebanyakan kita biasa berhati-hati bila ingin mengeluarkan uang untuk investasi besar atau pembelian barang yang berharga mahal. Tapi tahukah Anda, ternyata kita cenderung menghabiskan uang kita pada hal-hal yang tampaknya kecil.

Kenapa begitu? membelanjakan uang untuk barang-barang yang murah tapi banyak pada akhirnya akan membuat pengeluaran membengkak. Anda bisa saja mengeluarkan uang sedikit demi sedikit untuk hal remeh. Tapi itu semua pada akhirnya jika di total akan menjadi pengeluaran besar dan mengosongkan dompet Anda.

2. Fokuslah pada masa depan

Sangat mudah menghabiskan uang untuk sesuatu yang kita sukai saja, namun bila tidak di kontrol, pada akhirnya Anda akan membelanjakan semua yang Anda lihat tanpa sadar.

Gantilah kebiasaan Anda dengan fokus menata masa depan dibanding menghabiskan uang yang hanya untuk memenuhi hasrat anda saat ini.

"Anda bisa menjadi muda tanpa uang, tapi Anda tidak akan sampai tua tanpa uang" Tennesee Williams.

3. Jangan beli barang tak penting hanya agar orang terkesan pada Anda

Walaupun kita akan bangga bila orang terkagum-kagum pada sesuatu yang kita miliki, kita harus membuat batasan pada diri sendiri. Anda harus membeli barang yang memang Anda butuhkan tapi jangan beli karena ingin dikagumi.

Ingat, masih ada langit diatas langit. Anda beli barang mahal agar orang terkesan, masih banyak lagi barang yang lebih mahal dari yang sanggup Anda beli. Intinya, belilah sesuai kebutuhan dan kemampuan.

"Berhenti membeli barang yang tidak Anda butuhkan, hanya untuk membuat terkesan pada orang yang mungkin malah tidak Anda sukai" Suze Orman

4. Catatlah pengeluaran Anda

Ada begitu banyak pengeluaran di keseharian kita saat ini yang akan membuat Anda tidak akan memiliki tabungan apapun jika Anda tidak merencanakan anggaran untuk uang Anda. Buatlah catatan pemasukan dan pengeluaran. Orang-orang berduit tahu kemana uang mereka datang dan kemana pergi.

Software pengolah angka seperti Miscrosoft Excel dapat menolong Anda membuat catatan keuangan.

"Membuat catatan Anggaran memberitahu uang Anda ke mana harus pergi, bukannya bertanya-tanya ke mana ia pergi." - John C. Maxwell

5. Bekerja Keras

Tidak seperti persepsi kebanyakan orang yang menganggap orang kaya hanya tahu senang-senang dan selalu menikmati hidupnya, kenyataannya mereka bekerja lebih keras dibanding orang lain, setidaknya pada masa produktif mereka. Maka cobalah untuk meningkatkan pendapatan Anda, dan ketika pendapatan Anda meningkat, Tabung uang Anda dalam jumlah besar daripada sebelumnya.

"Aku suka bisnis dan kenyataannya uang ku lebih banyak yang ku tabung daripada ku belanjakan. Aku berinvestasi. Aku melihat setiap kesempatan dan bekerja lebih keras dari siapa pun" Sofia Vergara.

6. Tabung pendapatan Anda dalam jumlah besar

Sekali lagi, kita mengira orang-orang kaya selalu berfoya-foya dengan uangnya. Tapi sebenarnya tidak begitu. Inilah yang membuat mereka tetap kaya.

Pendapatan mereka selalu di tabung dengan porsi besar. Jadi, bila pendapatan Anda sudah lumayan, tabung lah sebagian besar pendapatan Anda. Ini akan menjamin Anda tidak akan kekurangan uang saat membutuhkannya suatu saat nanti.

"Simpan sepertiga dari pendapatan Anda, hidup dengan sepertiganya dan sedekahkan sepertiga sisanya" Angelina Jolie.

7. Belilah dengan penawaran dan harga terbaik

Sama seperti kita, orang-orang berada sangat suka mendapatkan nilai tertinggi dari uangnya. Mereka selalu mencoba mencari nilai lebih dengan memburu barang murah, harga promosi atau harga diskon.

"Kenapa harus membayar lebih mahal kalau bisa membeli dengan harga lebih murah?" Sarah Michelle Gellar.

8. Investasikan Tabungan Anda dengan bijak

Kita biasanya mengabaikan hal-hal kecil tapi nyatanya dari hal kecil ini bisa mendapatkan sesuatu yang besar. Bila kita punya uang lebih untuk berinvestasi, mulailah dari yang kecil, walaupun memang modal yang besar akan berpeluang mendapatkan laba besar. Intinya, jika Anda menginvestasikan uang anda dengan benar, Anda akan kagum pada hasilnya suatu saat nanti.

9. Berlatih Rumus Sang Jutawan

Kebanyakan dari kita akan menabung setelah semua keperluan kita telah terpenuhi. Orang kaya ternyata sebaliknya, kita menyebut ini sebagai Rumus Sang Jutawan.

Begini caranya: Setelah menerima penghasilan, sisihkan beberapa persen untuk sedekah, dan juga beberapa persen untuk investasi masa depan Anda. Lalu, belanjakanlah sisanya untuk penghidupan sehari-hari.

"Jangan menabung dari sisa uang belanja Anda, tapi belanjalah dari sisa uang setelah Anda menabung" Warren Buffet.

10. Tutup kebocoran

Orang kaya tidak pernah mau membayar biaya yang tak semestinya. Mereka selalu jeli untuk melihat biaya dan harga yang bisa dihindari.

"Berhati-hatilah terhadap pengeluaran kecil; kebocoran kecil mampu menenggelamkan kapal." Benjamin Franklin.

Ikutilah saran-saran sederhana tadi, praktekkan tips-nya dalam hidup Anda dan Anda akan melihat perbedaannya. Selamat menabung!

Sumber: Lifehack (Lianne Martha Maiquez Laroya)

loading...