25 Mei 2015

Jenis Mainan Paling Berbahaya Bagi Anak

Tags

Bagi anak, bermain sudah merupakan naluri bawaan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat. Sebagian orang dewasa mungkin menganggap bermain tidak lebih dari menghabiskan waktu sia-sia. Padahal, bermain adalah pelajaran pertama anak untuk meningkatkan seluruh kemampuan otak dan inderanya sebagai bagian tumbuh kembang anak menuju dewasa. Dan tentunya bermain tidak lengkap tanpa mainan.

Kita tentunya ingin memberi mainan yang paling disukai anak, namun berhati-hatilah dalam memilih mainan anak. Bila mainan yang kita berikan tidak tepat, anak Anda akan berisiko cidera. Bahaya keselamatan nyata adalah ketika anak-anak dibelikan mainan yang di luar kemampuan mereka untuk memahami atau menanganinya dengan aman. Menurut jurnal Pediastric Clinical, cidera yang berhubungan dengan mainan telah menyebabkan 149.000 anak harus menjalani perawatan di rumah sakit setiap tahunnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis mainan paling berbahaya yang dapat menyebabkan cidera pada anak.

Skuter dan Sepeda

Mainan yang dapat dikendarai seperti skuter dan sepeda adalah salah satu mainan yang paling berbahaya bagi anak. Cedera paling umum adalah terjatuh dan tabrakan. Angka cidera akibat mainan yang dapat dikendarai melonjak pada tahun 2001 dan 2002, tepat pada waktu skuter menjadi tren. Sampai saat ini jenis mainan rideable masih memiliki resiko cidera yang tinggi dibanding jenis mainan lain. Sebisanya kenakan anak Anda helm dan pilihlah sepeda roda tiga bagi Anak yang baru belajar.

Menurut studi, 40,8 persen  cidera akibat mainan berasal dari jenis mainan yang tak berkategori. Dimana mencakup berbagai macam mainan. Sementara, 34,9 persen cidera pada anak disebabkan oleh mainan berkendara. Dari 149.000 anak-anak yang terluka di AS setiap tahunnya, sekitar 52.000 cidera akibat dari bermain skuter dan wagon (gerobak sorong). Studi juga menunjukkan 63 persen anak yang cidera akibat mainan adalah anak laki-laki.

Mobil Listrik Mini

Jenis mobil-mobilan yang bisa dinaiki anak sampai saat ini selalu membuat cidera. Bentuknya yang rendah dan tidak bersuara dapat membuat orangtua lepas pengawasan dan akan sangat berbahaya bila tanpa pantauan orangtua, si anak membawa mobil mainannya ke jalanan.

Peralatan Olahraga

Selain mainan reguler, perlengkapan olahraga yang tidak sesuai dengan umur anak bisa menjadi mainan berbahaya. Tongkat pemukul baseball, raket badminton, atau bola bisa berbahaya bila Anda berikan tanpa pengawasan. Beberapa kasus kecelakaan akibat bola yang menggelinding ke tengah jalan bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita untuk mengawasi anak dalam bermain.

Mainan Anak yang tak sesuai usia

Persentase tertinggi anak yang cidera akibat mainan terjadi pada umur 2 tahun. Sementara 6,1 persen terjadi pada anak di bawah 2 tahun.Saat ini mainan telah banyak yang menggunakan standar keamanan tinggi, namun tetap saja ada celah yang membuat anak celaka. Sebuah mainan populer di AS bernama Alphabet Zoo Rock dan Stack Pull Toy dikecam oleh asosiasi anti mainan berbahaya, World Against Toys Causing Harm (WATCH), karena mainan tersebut memiliki tali sepanjang 50 cm yang dikhawatirkan dapat menimbulkan bahaya tercekik pada anak.

Senjata Mainan

Senjata mainan telah menjadi isu kontroverial dalam keselamatan terhadap mainan, setelah beberapa jenis senjata mainan yang bisa menembakkan peluru mainan telah melukai anak. Begitu juga dengan jenis mainan yang menyerupai senjata jarak dekat menyebabkan cidera akibat pukulan benda tumpul. Setiap tahun sekitar 5000 anak mengalami cidera akibat senjata mainan.

Mainan Pistol Replika 

Senjata mainan yang mirip dengan aslinya harus benar-benar diawasi dengan ketat. Anak-anak akan dalam bahaya bila mereka keliru mengindentifikasi senjata mainan mereka dengan senjata asli. Di AS beberapa kasus penembakan tak sengaja oleh anak disebabkan kekeliruan dalam membedakan senjata mainan miliknya dengan senjata asli milik orangtuanya.

Alat Musik Mainan

Alat musik mainan ternyata menyebabkan 4,300 anak masuk rumah sakit setiap tahunnya. Salah satu kasus yang menjadi perhatian WATCH adalah alat musik mainan yang berbahan kayu yang dijual di Walmart dimana disebutkan usia rekomendasi anak untuk memainkannya adalah usia 12 bulan, padahal beberapa bagian kecil dari mainan tersebut memiliki potensi bahaya tertelan/ tersedak.

Mainan Boneka

Jenis mainan boneka anak telah bertanggungjawab atas cideranya sekitar 2.900 anak setiap tahunnya. Beberapa mainan boneka yang beberapa bagian tubuhnya mudah terlepas menyebabkan meningkatnya resiko tersedak akibat menelan bagian mainan tersebut.

loading...