31 Mei 2015

Jangan Simpan Makanan Ini Dalam Lemari Es

Tags

Anda mungkin baru saja memborong belanjaan dari supermarket, dan lemari es Anda ternyata hampir penuh. Tak mungkin semua belanjaan Anda  bisa masuk ke lemari es. Namun, benarkah semua makanan dan sayuran yang baru kita beli harus masuk kulkas?

Yang sebenarnya adalah, sebagian besar buah dan sayuran  ternyata dapat bertahan tetap segar tanpa pendingin. Begitu juga dengan beberapa jenis makanan dan minuman lainnya. Malah, kadangkala lemari es dapat menurunkan kualitas makanan ini.

Menurut Departemen Pertanian AS, ada dua jenis bakteri yang menyebabkan masalah pada makanan. Yang pertama adalah bakteri patogen, yang menyebabkan penyakit timbul pada makanan. Dan yang kedua adalah bakteri pembusuk, yang mengubah tampilan, bau dan rasa makanan kita.

Bila bakteri patogen terpapar di makanan Anda, walau makanan tampak masih baik, tetap saja bila dimakan bisa membuat sakit. Namun bila bakteri pembusuk tumbuh dalam makanan Anda, walau tampilan, bau dan rasa berubah, belum tentu Anda akan sakit. Tampak sedikit membingungkan bukan?.

Berikut beberapa jenis makanan yang tak perlu disimpan di lemari es Anda.

Kentang

Saat kentang terlalu dingin, pati yang terkandung dalam kentang akan berubah menjadi gula yang akan mengubah rasa. Kentang cukup disimpan dalam tempat  sejuk dan gelap. Jangan biarkan kentang terpapar matahari, karena cahaya matahari dapat membuat kulit kentang menghasilkan racun.

Madu

Madu lezat Anda akan berubah menjadi gumpalan kristal bila dimasukkan ke dalam lemari es. Tetap simpan madu dalam suhu kamar dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Tomat

Tomat akan kehilangan rasa dan menjadi lembek bila dibiarkan lama dalam lemari es. Simpan dalam keranjang dan gunakan tanpa terlalu sering memegangnya dapat mempertahankan kekenyalan tomat.

Apel

Seperti tomat, apel akan mulai kehilangan rasa dan tekstur bila terlalu lama dalam lemari es. Letakkan di meja, dan bila ingin dihidangkan, simpan dalam lemari es selama 30 menit agar apel semakin renyah.

Bawang

Tempat terbaik untuk bawang adalah kantong kertas yang disimpan di tempat sejuk yang gelap. Jika disimpan dalam lemari es, mereka akan menjadi lunak dan menularkan bau yang kuat pada makanan lain disekitarnya.

Roti

Anda mungkin berpikir menyimpan roti dalam lemari es adalah sebuah keharusan. Itu salah, menyimpan roti dalam lemari es membuat roti menjadi kering. Simpanlah di dalam kotak roti yang sejuk.

Pisang

Cukup letakkan di meja, bila Anda memaksa memasukkannya kedalam lemari es, pisang Anda akan berubah menjadi coklat. Suhu yang terlalu dingin akan membuat pisang mengalami chiling injury yang menyebabkan buah menjadi coklat.

Alpukat

Simpan alpukat dalam laci karena akan kehilangan rasanya bila Anda simpan dalam kulkas. Sebisanya jangan sisakan buah yang telah Anda potong, belah sebuah Alpokat dan habiskan segera.

Kecap

Jangan khawatir kecap akan rusak di luar lemari es. Kandungan cuka dan zat pengawet alami dalam kecap mampu membuat kecap awet di suhu kamar.

Selai

Berhubung di dalam selai terkandung cukup banyak bahan pengawet, selai juga aman bila disimpan di luar lemari es walau kemasannya telah dibuka.

Kopi

Banyak orang mengira menyimpan kopi di dalam lemari es atau bahkan di freezer akan membuat rasa kopi tetap terjaga. Tapi ternyata suhu terbaik untuk menyimpan kopi adalah suhu kamar sehingga minyak alami dari kopi tetap mengeluarkan aroma terbaiknya.

Sumber : allyou.com

loading...