23 Mei 2015

Astaga, Google Maps Bisa Melacak Keberadaan Kita!

Tags

Apa yang akan terjadi jika Anda mengetikkan nama Anda di Google maps? mesin pencari ternyata dapat mengetahui lebih dari yang kita kira.Orang-orang telah mencoba mengetikkan namanya ke dalam mesin pencari dan menemukan hal yang mengejutkan.

Minggu lalu telah terjadi kontroversi terhadap fitur Google Map setelah terungkap bahwa ketika orang-orang mencari istilah rasis di kotak telusur akan mengarah ke Gedung Putih.

Dalam usaha mencari keanehan fitur yang lain, banyak orang terkejut melihat hasilnya ketika mereka mencoba mencari nama mereka sendiri di Google Maps.


Reporter Guardian, Alex Hern menemukan bahwa ketika ia mencari namanya, yang muncul adalah sebuah lokasi pub yang ia kunjungi setiap minggu.

Apakah Google Maps tahu tentang keseharian kita? Simak pengakuan mengejutkan lainnya berikut.

Steffan Rhys yang bekerja di Wales Online mencoba mengetikkan namanya dan hasilnya adalah Universitas yang baru ia kunjungi dan hotel tempat ia tinggal saat menulis review tentang Google Maps.


Nitizen di Twitter juga ikut bergabung mencoba mencari tahu nama mereka di Google Maps, dan mereka juga terkejut karena tampaknya Google tahu banyak tentang mereka. Hal ini jadi agak menakutkan.


Google Maps mungkin tahu dimana Anda tinggal atau di mana Anda berada baru-baru ini. Jadi, bagaimana Google melakukannya? Mungkin Google mengambil geotag, data tempat ketika Anda meng-upload gambar ke media sosial, atau Google mengaitkan Anda dengan database dari artikel online yang baru saja Anda buat. Atau mungkin tidak ada hubungannya sama sekali. Semua masih belum jelas.


Namun diakui, tidak selamanya kemampuan aneh Google Maps ini bekerja. Ketika diketikkan nama "Nicola Oakley' Anda akan menuju ke Panti Pijat bernama Nicola Steven di Oakley, Basingstoke. Jadi beberapa orang mungkin selamat dari pantauan Google. Tapi bagi Anda yang memiliki nama unik dan tidak banyak kemiripan dengan nama orang lain, siap-siap untuk terlacak.



Ketika mencoba mencari nama lokal untuk Indonesia, Tipsiana mencoba mengetikkan nama "Ani Sukaningsih" salah satu penulis di blog ini, dan hasil yang muncul cukup membuat merinding; Quantum Media, tempat beliau bekerja selama ini. Lengkap dengan alamat dan nomor teleponnya.

Sekarang coba iseng-iseng Anda ketikkan nama Presiden Joko Widodo, dan simpulkan sendiri hasil pencarian Google Maps yang Anda peroleh.

Jadi kesimpulannya, Google ternyata memiliki kemampuan yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.  Entah ini hal negatif atau hal positif, tapi yang pasti privasi kita sedang terancam oleh kemajuan teknologi.

Sumber: mirror.co.uk, Google Maps, Twitter, Riset

loading...

12 komentar