31 Mei 2015

Apa Reaksi Anda Saat Melihat Dompet Jatuh? Tirulah Anak-anak Ini

Pepatah mengatakan : Kejahatan datang karena ada kesempatan. Adanya kesempatan mengambil barang orang lain tanpa seorang pun yang tahu pastilah membangkitkan niat jahat pada sebagian orang. Tapi bagi sebagian yang lain kejujuran adalah sebuah idealisme, meskipun kesempatan itu hadir di depan mata. Dan bagi sebagian yang lain, kejujuran adalah naluri alami manusia.

Anak-anak ini sedang diuji, pengasuh mereka sengaja meninggalkan anak-anak ini di sebuah halte bus dan mereka diminta untuk menunggu sementara si pengasuh pergi sebentar. Tapi bukan keberanian menunggu sendirian yang diuji, tapi kita ingin melihat reaksi mereka ketika mereka melihat dompet yang terjatuh dari orang yang juga menunggu di halte.


Apar reaksi mereka? Kebanyakan anak-anak pada awalnya malu untuk memberitahu  se-empunya dompet kalau dompetnya jatuh. Mereka menunggu orang tersebut, berharap dia sadar kalau dompetnya jatuh. Namun karena tak kunjung sadar, si anak memberanikan diri memberikan atau memberitahu dompet yang jatuh tersebut.




Uniknya, pada anak yang berusia lebih muda, mereka secara refleks langsung memberi tahu dan menyerahkan dompet, mungkin karena anak-anak balita ini masih lugu dan belum malu-malu. Menonton video ini benar-benar menggemaskan dan memberi pelajaran pada kita bahwa jujur itu indah. Dan peran kita sebagai orangtua adalah terus menanamkan kejujuran pada Anak kita, agar mereka tetap menjadi anak-anak jujur seperti anak-anak ini.

Kira-kira, kalau Anda melihat dompet orang lain jatuh tanpa mereka tahu, apa reaksi Anda?

loading...