29 Mei 2015

4 Jenis Minuman Terbaik Setelah Berolahraga

Tags

Untuk tiap orang, baik aktif maupun tidak, air putih adalah minuman terbaik untuk mengembalikan air tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari-hari, termasuk setelah berolahraga. Sebab, air putih sangat mudah diserap dan memungkinkan proses rehidrasi dengan cepat.

Selain air putih, jus buah atau susu bisa menjadi pilihan, dua jenis minuman ini sama baiknya dalam menangkal dehidrasi. Plus, ia juga mampu meningkatkan sintesis protein otot setelah latihan kekuatan dan ketahanan. demikian menurut riset yang di publikasikan di Journal of the International society of Sports Nutrition. 

Inilah empat jenis minuman yang baik di konsumsi setelah Berolahraga.

1. Jus Tomat kaya akan kandungan likopen, antioksidan alami yang melindungi kesehatan  jantung dan pembuluh darah, serta membantu mengurangi kerusakan otot akibat berolahraga. Disamping itu jus tomat juga rendah kalori sehingga cocok bagi anda yang ingin menurunnkan berat badan.

 2.  Jus Semangka  membantu meringankan sakit otot setelah latihan. (Semangka kaya kandungan asam amino) membantu mengurangi detak jantung, saat pemulihan dan nyeri otot. Anda bisa mengonsumsi jus semangka dengan cara di blender dan saring ampasnya.



3. Jus ceri  manfaat jus ceri bisa mengurangi sakit dan kerusakan otot akibat berolahraga. menurut studi yang  di publikasikan dalam British Journal of sports Medicine. Anda bisa mengonsumsi jus ceri dalam kemasan yang di jual di supermarket, tetap pastikan minuman itu bukan sekedar mempunyai rasa dan aroma ceri dengan banyak kandungan gula tambahan. Lebih baik lagi kalau kita buat sendiri. Tambahkan air jika merasa jus buatan Anda terlalu kental.
Yang perlu di ingat, hindari mengonsumsi minuman energi yang mengandung gula dan kafein setelah berolahraga karena dapat berakibat negatif bagi tubuh.


4. Susu dinilai dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Applied Physiology Nutrition and Metabolism,  penelitian ini melibatkan 15 yang di minta olahraga bersepeda. Setiap selesai bersepeda, mereka diberi minuman yang berbeda-beda, mulai dari susu hingga suplemen. Hasilnya susu lebih cepat memulihkan dehidrasi setelah berolahraga.

loading...