14 Mei 2015

11 Peristiwa Jembatan Runtuh Paling Mematikan

Tags

Jembatan merupakan struktur bangunan yang telah menjadi bagian dari kemajuan peradaban manusia. Seiring kemajuan zaman, jembatan semakin hari semakin besar, panjang dan megah.

Namun kita akan ingat bahwa dibalik begitu banyak jembatan-jembatan megah yang terus dibangun manusia sebagai penghubung satu tempat ke tempat lainnya, telah banyak tragedi yang terjadi akibat kecelakaan jembatan.

Jembatan yang kelihatan kuat dan megah ternyata bisa menjadi begitu rapuh dan berbahaya, yang menyebabkan harus hilangnya ratusan nyawa orang-orang yang berada di waktu dan tempat yang salah.

Mari kita lihat beberapa kecelakaan maut akibat jembatan runtuh yang terjadi dalam sejarah.


Jembatan Quebec


Jembatan Quebec yang terletak di Quebec, Kanada runtuh sebanyak dua kali; tahun 1907 dan 1916, kedua kecelakaan tersebut disebabkan over kapasitas dan tak tahan menahan beban. Korban tewas akibat jembatan Quebec yang runtuh mencapai 96 orang.


Silver Bridge


Pada tahun 1967, Silver bridge yang berada di Virginia Utara runtuh akibat struktur yang retak karena tekanan berat yang diterima selama puluhan tahun. 46 orang tewas karena bencana tersebut.


Hyatt Regency Skywalk

Dua Skywalk di dalam Hyatt Regency, Kansas City, rubuh pada 1981 saat sedang dipadati orang ramai yang sedang menari di sebuah acara. Para ahli berteori penyebab rubuhnya skywalk tersebut karena getaran dari orang-orang yang sedang menari. Peristiwa ini membunuh 114 orang.


Jembatan Sunshine Skyway

Jembatan yang terletak di Teluk Tampa, Florida rubuh pada 9 Mei 1980 ketika kargo bertabrakan dengan dermaga selama badai. Tabrakan itu menyebabkan sejumlah kendaraan terjun ke dalam air, menewaskan 35 orang.

Jembatan Kereta Api Ashtabula

Jembatan kereta api yang melintasi sungai Ashtabula ini runtuh pada 1876 akibat dari salah rancang dan minimnya pemeriksaan kondisi jembatan. Jembatan runtuh saat kereta yang dipadati penumpang melintas diatasnya, menyebabkan kereta padat penumpang itu masuk sungai dan membunuh 92 orang.


Jembatan Tacoma Narrow

Jembatan Tacoma Narrow yang menghubungkan Puget Sound di Washington runtuh pada 7 November 1940. Tiupan angin kencang menyebabkan jembatan gantung baru tersebut terputus. Tidak ada korban jiwa dalam pristiwa tersebut selain seekor anjing tewas. Tapi runtuhnya jembatan ini membawa dampak panjang bagi para insinyur dunia, membuat mereka harus memperhitungkan sisi aerodinamis dari rancangan jembatan selanjutnya.


Jembatan Sungai Mianus

Bagian jembatan sungai Mianus sepanjang 30 meter runtuh pada tahun 1984 setelah salah satu pin yang digunakan dalam konstruksi terfragmentasi, tiga orang tewas akibat kejadian tersebut.


Jembatan Seongsu

Jembatan Seongsu yang terletak di Seoul, Korea Selatan runtuh pada tahun 1994 pada saat lalu lintas padat. Penyebabnya disinyalir karena kesalahan konstruksi perawatan yang kurang. 31 orang tewas dalam kejadian ini.

Jembatan Hintze-Ribeiro

Jembatan Hintze-Ribeiro di Portugis runtuh di tahun 2001, membunuh 51 orang. Diketahui kemudian penyebabnya adalah penambangan pasir ilegal selama dua puluh tahun di dekat jembatan tersebut, berakibat tiang penyangga jembatan menjadi tidak stabil.


Jembatan Daman

Jembatan Daman yang melintasi sungan Gangga di Daman, India rubuh pada 28 Agustus 2003, menyebabkan belasan mobil masuk kedalam sungai Gangga dan membunuh 25 orang. Rubuhnya jembatan ini dikarenakan banirnya sungai Gangga, namun penduduk menyalahkan pemerintah yang mengabaikan kondisi jembatan yang buruk.


Interstate 35W

Jembatan Interstate 35W yang terletak di Minnesota runtuh saat dipenuhi kendaraan saat orang-orang berangkat kerja di pagi hari, tahun 2007. Delapan jalur baja dan beton jembatan yang sedang diperbaiki, menjatuhkan setidaknya 50 kendaraan ke dalam sungai Mississippi dan menewaskan 13 orang.



loading...

1 komentar so far