2 Mei 2015

11 Cara Mudah Mengatasi Galau

Tags

Kegelisahan atau bahasa yang sedang tren saat ini; galau, adalah salah satu bentuk gangguan mental yang banyak dialami orang dewasa saat ini. Tak perlu malu mengakuinya. Karena banyak cara untuk mengatasi masalah ini.

Kebanyakan dari kita akan bingung untuk berbuat apa saat masalah menghampiri. Malah kadang rasa khawatir akan memperburuk keadaan tanpa memberi solusi. Sebenarnya yang kita harus kuasai adalah menentukan urutan tindakan yang harus kita lakukan untuk mengatasi kegelisahan dan mendapat solusi dari masalah kita.

Kita dapat mengatasi kegalauan dan stress dengan latihan sederhana. Cara mudah ini akan menguapkan semua kegalauan dan mengembalikan ketenangan jiwa. Ikuti langkah demi langkah dan semoga setelahnya Anda menjadi lebih baik.

Bernafaslah

Memang susah melakukan apapun saat dirundung masalah, seluruh dunia seakan memusuhi kita. Tapi saat Anda sedang rapuh dan takut dengan keadaan, cara paling baik adalah dengan duduk. Rebahkan sejenak tubuh Anda dan bernafaslah.

Satu tarikan nafas yang panjang bisa  menjadi sebuah awal yang baru untuk fokus dan meredakan kegelisahan Anda.

Beraktivitaslah

Tidak harus Anda pergi ke tempat latihan kebugaran, tapi lakukan  saja hal kecil yang bisa membuatmu lebih sehat, lebih bahagia, beraktivitaslah.

Mulailah dengan sesuatu yang kecil saja. Berjalan-jalan menyusuri taman atau tiduran dengan gaya anak kecil atau malah berlatih yoga lewat video youtube di rumah. Sibukkan tubuh dan pikiranmu dengan aktivitas positif.

Kembali Fokus

Apalagi yang bisa dikerjakan saat ini?
Lakukan sesuatu yang gampang dan rutin seperti mencuci piring, menyiram bunga di taman, membuang sampah. Kembali fokus dengan keseharian Anda dapat menjauhkan kegalauan, pikirkan lagi pekerjaan apa lagi yang bisa diselesaikan saat ini.

Ayo Makan

Carilah cemilan sehat atau hubungi teman untuk nongkrong bareng di kafe.
Tidak ada salahnya meng'hajar' makanan bila sedang galau, tapi hadapilah kegelisahan  dengan tetap memperhatikan kadar gula Anda.

Berkreasi

Setelah Anda selesai mengerjakan hal-hal sederhana, kini mulailah berkreasi.

Membuat sketsa di kertas atau mengutak-atik foto Pinterest bisa menjadi pengalih galau. Produktif dan mendapatkan rasa puas ketika karya Anda selesai akan membantu mengarahkan Anda kembali ke jalur yang benar dan menyadarkan Anda akan apa yang Anda mampu lakukan.

Mengingat Kembali


Kenanglah kembali segala yang Anda pernah raih. 

Anda yang sekarang ini adalah penggabungan dari semua hal yang telah Anda lakukan sebelumnya. Semua tantangan telah Anda lampaui dan masalah telah Anda atasi. Masalah yang ada saat ini hanya satu lagi ujian yang pasti bisa diatasi. Anda sudah mengatasi berbagai hal sebelumnya dan karenanya Anda benar-benar dapat mengatasi masalah yang satu ini.


Ajukan Pertanyaan Kepada Diri Sendiri

Setelah Anda bisa menguasai diri, perlahan ajukan pertanyaan pada diri sendiri dan pertimbangkan hal-hal seputar kecemasan Anda.

Analisa masalah anda dari sudut pandang yang lain. Sebenarnya masalah apa yang membuat Anda stres? faktor apa yang menyebabkan Anda merasa gelisah. Mengenali diri sendiri dan mengetahui apa yang mempengaruhi Anda adalah setengah dari pertarungan mengalahkan kegalauan Anda.



Lakukan Penelitian

Pengetahuan adalah kekuatan nyata.

Faktor eksternal apa yang turut menyumbang kegelisahan Anda? pelajari lebih dalam tentang itu. Terdengar sedikit konyol, tapi mbah Google bisa membantu Anda mencari referensinya. Semakin anda paham, maka Anda akan semakin bisa memisahkan diri dan kekhawatiran Anda dari masalah Anda yang sebenarnya, bahkan mungkin Anda dapat menemukan solusinya.

Berbagilah

Bicarakan hal yang membuat anda gelisah. Bagi beban Anda.

Menyimpan rapat kekhawatiran Anda akan menjadikan masalah Anda terlihat lebih menakutkan. Tarik rasa khawatir itu dari kegelapan, pahami dengan diri sendiri, lalu berbagilah dengan orang lain.

Lepaskan

Diri Anda sendirilah yang bisa mengubah Anda. Berusahalah bangkit untuk mencari cara mengatasi masalah Anda. Belajarlah untuk mengembangkan kemampuan mengatasi setiap masalah, merespon positif setiap konflik, mulai belajar mengatur keuangan, belajar bagaimana menguasai kecemasan. Lakukan pengembangan diri tersebut sesuai kemampuan. Namun jika Anda tetap tidak mampu mengatasinya sendiri, maka lepaskan saja. Relakan saja. Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi setidaknya bisa dicoba.


Bermimpilah

Ada alasan mengapa novel "Gone With The Wind" menjadi salah satu buku yang paling terkenal sepanjang masa. Scarlet O'Hara tersandung masalah demi masalah tanpa pernah menemukan akhir bahagia norak seperti cerita-cerita yang lainnya. Ceritanya begitu alami. Dalam menghadapi berbagai masalah Ia tidak pernah putus asa tapi malah sebaliknya, ia yakin dengan satu mantra: "Tomorrow is another day; Hari esok penuh harapan"

Apapun yang membuat Anda gelisah saat ini, mungkin akan digantikan dengan kekhawitran yang lain nantinya.Yang terpenting adalah saat ini Anda masih memiliki kehidupan dan masih punya masa depan yang harus dikejar. Hargailah hari ini dan bermimpilah untuk hari esok

loading...

1 komentar so far