1 April 2015

Warna Apa Pil yang Anda Lihat?

Belakangan di dunia maya beredar gambar dua buah pil yang diletakkan di masing-masing tangan. Gambar ini menjadi viral dan menghasilkan persepsi yang berbeda dari setiap orang yang melihatnya. Kelihatannya gambar ini dibuat untuk menyaingi kehebohan gaun yang berwarna hitam-biru atau putih-emas yang pernah booming sebelumnya.

Seperti halnya gaun hitam-biru atau putih-emas, Michael Abrash menjelaskan bahwa sistem visual kita mengambil warna yang paling cocok dan menginformasikannya ke otak.

Lantas warna apakah yang anda lihat? Biru - Merah atau keduanya Abu-Abu? 


Pada ilusi pil ini menunjukkan pil di tangan tampaknya berwarna biru dan merah padahal warna sebenarnya dari pil tersebut adalah abu-abu.


Warna merah dan biru yang ditangkap oleh otak berdasarkan keadaan di sekitar gambar, bahkan ketika seseorang telah mengetahui bahwa pil tersebut berwarna abu-abu tetap saja yang masih terlihat adalah warna merah dan biru.

Hal ini disebabkan latar belakang yang digunakan pada gambar sebelah kanan berwarna kuning sedangkan di sebelah kiri berwarna biru. Mengakibatkan sistem visual terdominasi dengan warna pada latar belakang dan menghasilkan warna yang sekarang anda lihat.

Nah, anda sendiri melihat pil tersebut berwarna apa?

loading...