4 April 2015

Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

Tags

Kegiatan rutin para ibu rumah tangga adalah berbelanja untuk kebutuhan dapur. Namun aktivitas yang padat biasanya para ibu membelanjakan keperluannya sekaligus untuk beberapa hari kedepan. Beberapa bahan yang dibeli pastinya membutuhkan penanganan khusus seperti sayuran, buah-buahan atau daging.

Sebaiknya setelah selesai berbelanja, kelompokkan terlebih dahulu setiap bahan berdasarkan jenis agar mudah mengatur penyimpanannya. Berikut tips menyimpan bahan makanan agar lebih tahan lama.

Untuk bahan makanan segar seperti daging, ikan, sayuran dan buah :
  • Cuci terlebih dahulu sebelum disimpan di lemari pendingin
  • Gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan daging dan ikan agar tidak mencemari makanan yang lainnya
  • Potong-potong daging dan simpan dalam wadah sesuai dengan kebutuhan harian. Daging beku akan mudah rusak bila terlalu sering keluar masuk kulkas.

Untuk bumbu :
  • Untuk bawang sebaiknya disimpan cukup pada suhu ruangan dalam wadah berlubang-lubang agar tidak mudah busuk.
  • Sangrai merica, ketumbar, jinten dan kapulaga dan goreng kemiri hingga kuning kecokelatan agar aromanya lebih tajam dan masa simpannya lebih panjang. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara.
Dahulukan stok bahan makanan yang dibelanjakan lebih awal, di bawah ini adalah daftar ketahanan makanan yang disimpan di dalam lemari pendingin berdasarkan jenisnya.

loading...