8 April 2015

Ninebot One, Kendaraan Robotik Roda Satu

Tags

Segway pernah berhasil menjadi mainstream di jalanan dunia dan masih akan diminati beberapa tahun kedepannya. Namun bukan berarti benda yang dikategorikan sebagai kendaraan listrik ini tidak memiliki pesaing.

Kini telah diluncurkan sebuah kendaraan listrik yang mirip fungsinya dengan Segway bernama Ninebot One. Ninebot One adalah sebuah alat transportasi robotik roda satu, yang mungkin akan menjadi hal biasa di jalan.

Untuk mengendarainya, tempatkan kaki anda pada plat yang terdapat di kanan dan kiri roda. Bila telah seimbang, anda tinggal menyesuaikan berat tubuh anda untuk bergerak. Condongkan badan ke depan untuk maju, ke belakang untuk mengurangi kecepatannya. Didukung dengan baterai yang mampu bertahan selama 2 jam, anda dapat mengendarainya sejauh 10 - 30 km dengan kecepatan 15 -20 kilometer/jam.

Bisa dikatakan Ninebot One merupakan gabungan dari Segway, sepatu roda dan sepeda roda satu. Ninebot One memiliki desain ergonomis dengan ban pnuematik 16 inci, sandaran kaki yang empuk dan waterproof. Terdapat pegangan yang memudahkan anda membawa alat ini yang beratnya sekitar 12,8 kilogram. Tersedia alarm, termasuk aplikasi Bluetooth yang bisa mengubah warna lampu LED pada roda sesuai keinginan anda. Fungsi alarm membuat lampu menyala dan bergetar jika ada seseorang yang mencoba mencuri perangkat ini.

Untuk mempelajari alat ini anda butuh waktu sekitar 3 hari, namun ada juga yang mampu menguasainya dalam 15 menit saja. Bagi mereka yang merasa sulit menggunakannya, disediakan juga roda latihan tambahan. Anda juga bisa menggunakan Ninebot menjadi roda dua, namun anda harus merogoh kantong lebih dalam lagi untuk mendapatkannya.

Perusahaan Ninebot yang berada di China mengatakan bahwa mereka terinspirasi oleh film sci-fi dan ingin menciptakan sebuah alat yang mampu memberikan kebebasan gerak. Mereka menargetkan pengguna alat ini adalah mereka yang berusia 15 - 30 tahun.

Dari segi keamanan, dipastikan alat ini benar-benar sebuah alat yang aman dan layak. Dengan harga $830, anda sudah bisa menikmati alat ini. Namun untuk keamanan sebaiknya anda menghindari jalan raya saat mengendarainya.

loading...