14 April 2015

Menjelajahi Indahnya Kenawa dari Angkasa

Bagi para traveler, Pulau Kenawa mungkin sudah tidak asing lagi, mulai dari pengunjung lokal hingga traveler mancanegera sudah pernah mengunjungi pulau ini. Pulau eksotis yang terletak di timur Indonesia ini tepatnya berada di kabupaten Sumbawa Barat provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan destinasi terbaik untuk anda berpetualang. Anda akan disajikan pemandangan yang sangat menakjubkan dengan pantai bening berpasir putih dan padang rumput Savana di sepanjang pulau.

Pulau kenawa merupakan salah satu dari 4 rumpun pulau di bagian utara Desa Poto Tano. Dilihat dari ketinggian, pulau kenawa terlihat benar-benar indah. Bukit tunggal di sudut pulau dan padang savana yang luas menjadikan pulau ini terlihat unik.


Bagi yang belum pernah berkunjung ke pulau Kenawa dan ingin melihat keindahan pulau eksotis ini, anda bisa melihatnya melalui tayangan video berikut. Dan bagi anda yang telah pernah berkunjung, pernahkah Anda menjelajahi keindahan Pulau Kenawa dari udara? Ngelamang+, sebuah komunitas kreatif dari Sumbawa Barat mendokumentasikannya dalam sebuah video spektakuler. Anda akan kagum pada keindahan yang terhampar di bumi timur Indonesia ini.


Tim Ngelamang+ memberi panduan singkat kepada Tipsiana.com, untuk menuju ke pulau ini bila melalui Lombok, menyeberanglah dengan kapal feri dari pelabuhan Kayangan Lombok  menuju Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat yang lama perjalanannya sekitar kurang lebih 1-2 jam dengan harga tiket sekitar 18.000 per orang. Untuk yang membawa motor dikenakan biaya 50.000 rupiah per motor.

Selanjutnya dari Pelabuhan Poto Tano, anda bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif 5 ribu rupiah menuju dermaga nelayan atau dengan berjalan kaki sekitar 5 -10 menit dan dilanjutkan dengan menggunakan kapal nelayan menuju pulau kenawa yang memakan waktu kurang lebih 20 - 25 menit.

Menggunakan perahu nelayan biasanya dikenakan biaya bervariasi mulai dari 20.000 rupiah per orang untuk tarif pulang pergi. Namun kadang tarif yang dikenakan untuk penumpang dari luar kota bisa mencapai 50.000 rupiah per orangnya. Untuk lebih berhemat gunakan tips ini; disarankan bagi pengunjung dari luar kota sebaiknya tidak memberitahukan darimana anda berasal.

Cukup melelahkan untuk sampai ke pulau ini, namun semua kelelahan itu akan terbayarkan begitu anda sampai. Dengan luas pulau sekitar 13,80 ha, anda bisa menghabiskan waktu liburan layaknya petualang dan menikmati indahnya pulau serta mengeksplorasi ekosistem laut di sekitar pulau. Saat senja anda akan disuguhkan dengan pemandangan langit yang menakjubkan ketika matahari terbenam. Karena pulau ini tidak berpenduduk, pastikan anda membawa sendiri segala perlengkapan seperti tenda (meskipun disediakan rumah-rumah panggung kecil di pulau ini), obat-obatan, makanan dan stok air lebih. Dan diharapkan untuk tidak meninggalkan sampah pada saat anda meninggalkan pulau ini.

Kontributor Video : Nomviker Look (Ngelamang+)
Sumber : Komunitas Ngelamang+, Viewindonesia, Disparekraf.sumbawabaratkab. 

loading...