23 April 2015

Membuat Hal Mustahil Menjadi Nyata Dengan Printer 3D

Tags

Tahun-tahun belakangan ini, kita selalu mendengar tentang pencetakan 3D dengan teknologinya yang berpotensi membantu kita membuat benda-benda bermanfaat. 3D Printing adalah sebuah alat pencetak dengan kecanggihan khusus, yakni mampu mencetak benda, yang sama persis dengan gambar soft file-nya, dalam bentuk 3D (tidak lagi sebatas mencetak gambar di atas kertas saja).

Ternyata saat ini Printer 3D telah mampu mendisain dan mencetak banyak benda fantastis yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Mulai dari benda sederhana hingga benda rumit bahkan benda mematikan sekalipun. Printer 3D telah membawa perubahan besar bagi dunia. Berikut beberapa hasil pencetakan printer 3D yang luar biasa.


Membuat Pistol Fantasi Menjadi Nyata
Awalnya, teknologi cetak 3D digunakan untuk mencetak benda-benda fantasi dengan desain yang rumit menjadi nyata. Pistol fantasi ini sebagai contohnya. Pistol ini begitu nyata walaupun sebenarnya sama sekali tidak bisa digunakan.


Tapi Kini Printer 3D mampu Membuat Senjata Sungguhan
Liberator adalah pistol sekali tembak yang dibuat sepenuhnya dari plastik. Dibantu dengan computer aided design (CAD), pistol ini dibuat pada tahun 2013. Siapapun yang memiliki printer 3D dengan bahan yang tepat bisa membuatnya sendiri.


Disainer Kini Membuat Bagian Senapan Serbu dengan 3D Printer
Untuk senjata yang lebih besar, pengguna dapat mencetak bagian tertentu dari senapan serbu, seperti gagang senapan serbu AR-15 ini.


Mencetak Gitar & Piano
Ini bukan gitar asli tapi dibuat replika dari aslinya menggunakan printer 3D. Gitar tersebut dipegang oleh Abraham Reichental, CEO 3D System, salah satu perusahaan pengembang printer 3D terbesar.


Tidak hanya gitar yang mampu dibuat, piano ini juga tercipta dari printer 3D.


Janin 3D
Fasotec, perusahaan asal Jepang, menggunakan pemodelan CAD untuk membuat model janin 3D dari bayi di dalam rahim. Dengan teknik ini, para orang tua bisa melihat dan memegang janin replika mereka sendiri.


Membuat Kue 
Disainer, ahli pangan dan insinyur teknik di London menciptakan makanan dari printer 3D menggunakan pemodelan CAD dengan bahan tinta berupa campuran tepung yang bisa langsung dimakan.


Perlengkapan Tukang
Mencetak Kunci pas nampaknya bukanlah hal luar biasa. Tapi beda halnya bila ini dicetak di Stasiun Luar Angkasa ISS. Inilah yang terjadi saat astronot membutuhkan kunci pas untuk tugas luar angkasa, mereka membuatnya dengan printer 3D.


Membuat Robot Murah
Perusahaan Robot Asal Amerika Serikat dan negara lain sudah mulai memanfaatkan bahan 3D untuk mencetak bagian robot , menjadikan biaya pembuatan robot jauh lebih murah. Salah satu contohnya adalah robot InMoov, yang dibuat pertama kali di London.


Rumah 3D
Entah untuk tujuan artistik atau praktis, banyak yang menggunakan pencetakan 3D untuk membuat rumah. Sebuah perusahaan Belanda menjadi pionir pembuatan rumah pribadi dengan printer 3d raksasa, sedangkan Cina menggunakannya karena alasan murah dan cepat.


Pembedahan Pra-Operasi
Bahkan para dokter di Rumah sakit Dijon, Perancis, mulai menggunakan hasil cetak 3D untuk mensimulasikan operasi tulang tengkorak yang akan dilakukan.
 

Tangan Bionik
Ana Quiñones, 9 tahun. memperlihatkan tangan barunya yang dibuat dengan printer 3D. Anne Jacobs, sang kepala sekolah, menghubungi E-nable, dan merekrut Clay Guillory untuk membuat tangan palsu dengan bantuan disain open source.

loading...