10 April 2015

Lima Trik Memasak yang Akan Membuat Anda Takjub

Tags

Sayuran dan buah-buahan memiliki nilai gizi dan serat yang tinggi. Di dalam sayur dan buah juga terkandung sumber alami vitamin dan mineral yang penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Karenanya wajar bila tiap hari kita selalu memasak dan mengkonsumsinya. 

Untuk bisa di konsumsi, sayur dan buah mengalami beberapa perlakuan. Kadang harus direbus dahulu, di kupas kulitnya atau mungkin di blender untuk menghasilkan jus segar.  Nah, untuk bisa mendapatkan hasil yang cepat dan tepat, beberapa orang begitu kreatif dalam mengolah buah dan sayur. Berikut lima trik memasak unik yang bisa anda tiru.

1. Sayuran layu jadi segar lagi
Jangan buang sayuran layu anda, selama masih hijau berarti belum busuk. Sayuran busuk biasanya berlendir dan berwarna gelap. Sayuran layu karena dehidrasi (kekurangan air). Kita bisa membuatnya segar kembali.

Rendam sayur layu kedalam air hangat selama 25 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Selesai, sayur anda akan segar kembali.

2. Mengupas kulit kentang
Mengupas kentang biasanya memakan waktu, tetapi dengan trik ini Anda dapat mengupas satu ton kentang dalam hitungan detik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merebus kentang seperti biasa, segera setelah mendidih pindahkan ke dalam air es selama 5-10 detik. Setelahnya cobalah kupas, kulit akan menjadi sangat lunak dan dapat dikupas dengan tangan kosong.



3. Memisahkan inti kol dengan sekali banting
Judulnya agak provokatif, tapi trik yang satu ini memang butuh sekali bantingan. Teknik ini sebenarnya trik yang digunakan koki sejak dahulu kala. Untuk mengiris kol tanpa terganggu dengan intinya, kita bisa membuang inti kol dengan mudah. Banting bagian pangkal kol ke meja, inti kol akan terlepas sendiri, itu saja.


4. Cara cepat memotong tomat ceri
Tomat ceri belakangan semakin digemari, tapi bentuknya yang mungil agak merepotkan kalau harus memotongnya satu persatu. Trik cerdas ini hanya butuh dua piring dan segerombolan tomat ceri. Anda akan terinspirasi oleh video berikut :


5. Memanfaatkan bor listrik
a. Jus Semangka langsung jadi
Biasanya untuk membuat jus semangka kita harus memotong semangka jadi bagian kecil sebelum di blender. Dengan teknik ini kita tidak butuh blender, hanya bor listrik dan sepotong kawat jemuran. :) Viola, jus semangka telah siap dinikmati hanya dalam waktu dua menit.



b. Mengupas kulit apel
Masih memanfaatkan bor listrik, kali ini digunakan untuk mengupas kulit apel. Alat yang dibutuhkan adalah Bor listrik dan pisau kupas kulit. Tusuk bagian tengah apel ke mata bor ukuran sedang sampai cukup kuat tertancap, hidupkan bor dan tempelkan pisau pengupas kulit kepermukaan apel yang berputar. Lihatlah apa yang terjadi.


Demikian beberapa trik mengakali sayur dan buah. Anda tercerahkan?

loading...