6 April 2015

Fakta Spektakuler Tubuh Anda

Tags

Tubuh manusia merupakan keseluruhan struktur fisik organisme manusia. Tubuh kitalah yang bereaksi dan bertindak mengikuti kemauan hati dan perintah otak. Pepatah Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang lautan terlihat sepertinya mewakili tentang pengetahuan kita terhadap tubuh kita sendiri. Kita akan takjub akan kebesaran alam semesta, tapi kita sering tidak sadar bahwa tubuh kita sebenarnya juga menyimpan begitu banyak keajaiban.

Benarlah kalau Sang Pencipta pernah bersabda bahwa manusia adalah mahluk paling sempurna diantara mahluk lainnya. Berikut beberapa fakta spektakuler yang ada pada tubuh manusia:


Tulang
Bayi dilahirkan dengan 270 buah tulang. Selama pertumbuhan, beberapa tulang bergabung menjadi satu. Dan setelah dewasa jumlah tulang berkurang menjadi tinggal 206. Ajaibnya, tulang-tulang ini berangsur menguat melebihi kekuatan besi.


Jantung
Jantung anda mulai berdetak 4 minggu setelah pembuahan dan takkan pernah berhenti sampai anda mati. Secara mengesankan, jantung berdetak sebanyak 100.000 kali setiap harinya. Anehnya, jantung akan tetap berdetak meskipun dipisahkan dari tubuh. Ini terjadi akibat adanya impuls listrik yang dimiliki jantung.


Mata
Tidak seperti telinga dan hidung, mata pada dasarnya akan tetap sama bentuknya sepanjang hidup Anda. Mata manusia bisa mengenali hingga 10 juta warna yang berbeda. Uniknya, retina mata akan menerima bayangan benda secara terbalik, kemudian otak akan membalikkan kembali objek menjadi bayangan normal.

Hidung
Hidung Anda dapat mengingat sekitar 50.000 bau-bauan yang berbeda, yang akan terhubung dengan ingatan spesifik. Hidung kita mirip dengan cara kerja AC;  menghangatkan udara dingin atau mendinginkan udara panas sekaligus menyaring kotoran.


Kulit
Tubuh manusia menghasilkan sekitar 600.000 sel kulit mati setiap jam, atau sekitar 0,7 kg setiap tahunnya. Pada usia 70 tahun, rata-rata setiap orang akan kehilangan sekitar 45 kg sel kulit mati.


Kuku
Kuku dan rambut terbuat dari bahan yang sama; protein bernama keratin. Tahukah Anda, kuku lelaki lebih cepat tumbuh dibanding perempuan. Dan kuku jari tangan lebih cepat tumbuh daripada kuku jari kaki.


Sistem Syaraf
Sebuah struktur ajaib yang berisi jutaan sel syaraf dimana sinyal listrik dapat mengirim informasi dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh yang lain seketika. Informasi yang dikirim melakukan perjalanan dengan kecepatan yang sangat fantastis hingga 400 km/jam.


Bakteri
Pada setiap inci tubuh manusia terdapat sekitar 32 juta bakteri. Yang mengejutkan, bakteri tersebut 10 kali lebih banyak dibanding jumlah sel manusia itu sendiri. Namun tidak seseram yang kita bayangkan, ternyata kebanyakan bakteri tersebut sebenarnya tidak berbahaya. Bahkan, beberapa diantaranya malah menguntungkan.


Sinestesia
Sinestesia adalah perubahan makna yang terjadi karena pertukaran tanggapan antara dua indra yang berbeda. Tubuh manusia dapat berfungsi dengan cara yang misterius, tapi inilah yang aneh. Ada sebuah fenomena yang menyebabkan akal manusia menjadi tumpang tindih. 

Anda bingung? begini contohnya: Bebeberapa orang dapat merasakan kata-kata, mendengar warna atau melihat suara. Para ahli menyatakan bahwa 4% orang memiliki pengalaman ini tapi mereka tidak dapat memastikan bagaimana atau mengapa ini bisa terjadi.



Atom
Tubuh manusia dewasa terbuat dari sekitar 7 oktilion (7.000.000.000.000.000.000.000.000.000) atom. Sementara alam semesta 'hanya' memiliki sekitar 300 milyar (300.000.000.000) bintang. Menurut para ahli astro-fisika, setiap atom di tubuh, mulai dari daging hingga tulang tercipta dari bintang di alam semesta pada miliaran tahun yang lalu. Kedengarannya gila, tapi begitulah faktanya bahwa atom manusia bermula dari bintang pada peristiwa Dentuman Besar (Big Bang) 13,7 milyar tahun yang lalu.


Sumber : TheRichest

loading...

1 komentar so far