21 April 2015

7 Hal Yang Harus Dipahami Menjelang Usia 30

Usia 30 merupakan usia titik balik, dimana seseorang akan mulai memikirkan tujuan hidupnya. Banyak hal yang biasa dilakukan diusia 20-an perlahan akan ditinggalkan. Ketika anda berkepala tiga kenyataan hidup tidaklah semudah yang anda bayangkan. Maka mulailah mempersiapkan diri agar anda sukses dan bahagia memasuki usia 30.

1. Uang Bukan Segalanya
Setiap masalah yang dialami tidak semuanya bisa diatasi dengan uang. Dengan uang mungkin anda bisa mendapatkan segala kemewahan, memenuhi segala yang anda inginkan. Namun dalam suatu hubungan, baik dalam keluarga maupun dengan teman uang bukanlah jaminan kebahagiaan.

2. Waktu Memiliki Batas
Waktu seseorang yang dihabiskan secara keliru adalah salah satu jenis bunuh diri.” (Edward F. Halifax).
Jangan sampai waktu menipumu. Tumbuh menjadi tua itu pasti, jangan sampai waktumu terbuang dengan sia-sia tanpa mempersiapkan rencana kedepannya. Carilah sebanyak mungkin pengalaman dan belajarlah dari kenyataan, karena pendidikan di kehidupan nyata dapat menempa anda melampaui gelar pendidikan yang anda miliki.

3. Hargai Kesehatan
Memasuki usia 30 kesehatan seseorang mulai menurun, 'darah muda' perlahan mulai luntur. Anda yang dulu tak terkalahkan, pada usia ini akan mulai merasakan dampak dari gaya hidup anda sebelumnya. Untuk itu mulailah ubah pola hidup anda demi kesehatan.

4. Cintai Keluarga
Selama ini anda bersikap terlalu egois, namun seiring usia bertambah anda akan menyadari segala kekurangan dan kesalahan yang telah anda buat. Karenanya mulai mencintai keluarga yang selama ini mungkin anda abaikan atau anda benci. Berilah perhatian kepada mereka yang sempat kita lupakan. Sadarilah bahwa keluarga adalah pusat kebahagiaan anda.

5. Dengarkan Kata Hati
Kekhawatiran tidak akan mengubah masa depan. Anda harusnya lebih peduli tentang masa depan anda dan menghadapinya dengan keberanian serta harapan. Yakin dan fokuslah dengan apa yang menjadi tujuan anda. Buktikan bahwa pilihan anda adalah pilihan yang tepat.

6. Memahami Pentingnya Memaafkan
Di usia ini anda mulai berpikir dan bertingkah dewasa, anda akan menemukan begitu banyak alasan mengapa anda harus mudah memaafkan. Karena dengan memaafkan anda menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupan tanpa kebencian dan bayang-bayang masa lalu yang menyakitkan.

7. Hidup Tak Selalu Sesuai Rencana 
Saat remaja anda pasti memiliki berbagai harapan dan keinginan yang tinggi. Seiring berjalannya waktu anda akan memahami bahwa kesuksesan yang belum sesuai dengan apa yang direncanakan bukanlah hal yang menjadikan anda terpuruk dan tak bahagia. Kebahagiaan kadang muncul dari hal-hal sederhana dan dari tempat yang sama sekali tidak anda harapkan.

Inspirasi : Casey Imafidon-Lifehack

loading...