2 April 2015

Ingin Tetap Sehat, Tertawalah!

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang, slogan tersebut sering muncul di salah satu film Indonesia era '90an. Kenapa kalimat itu menyebutkan kita mesti tertawa? Karena tertawa itu adalah obat, obat yang paling murah tanpa anda harus ke dokter. Rasa humor yang baik dan kemampuan untuk tertawa memberi manfaat bagi kesehatan anda secara fisik, emosional dan sosial.

Berikut ini beberapa alasan mengapa harus mengembangkan sense of humour anda :


1. Dengan Tertawa Dapat Memicu Kesehatan Fungsi Pembuluh Darah.
Tertawa memicu pelebaran atau perluasan jaringan dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Sehingga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular (penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah) seperti penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Kesehatan Emosional
Tertawa dan humor memicu pelepasan sel dopamin dalam otak yang menghasilkan perasaan senang, bahagia dan sejenisnya. Dopamin merupakan sistem 'reward' bagi otak atas perilaku positif yang dilakukan, disebut juga sebagai anti depresan (obat anti depresi).

3. Menurunkan Stress dan Tingkat Kecemasan
Humor digambarkan sebagai elemen yang bisa merubah perspektif anda dalam menghadapi masalah, sehingga memungkinkan anda mampu menghadapi masalah sehari-hari maupun pada situasi sulit. Efek tertawa lepas juga bisa menular kepada orang lain, dengan begitu kita juga bisa membantu orang lain memulihkan suasana hatinya juga.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Dari situasi yang paling sederhana saja seperti mobil tidak bisa distarter, bisa mengakibatkan stress. Stress dalam kehidupan sehari-hari bisa menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit menular dan penyakit jantung. Rasa humor yang baik mencegah stress mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan melindungi anda dari penyakit.

5. Bermanfaat Bagi Sistem Pernafasan
Tertawa merupakan metode tercepat dan termudah untuk mengatur pernapasan dan mengalirkan oksigen ke  paru-paru. Yang mengakibatkan meningkatnya denyut jantung, laju pernapasan dan konsumsi oksigen. Dengan begitu memungkinkan Anda untuk bernapas lebih dalam, meningkatkan kesehatan pernafasan terutama bagi mereka dengan penyakit pernafasan seperti asma.

Namun tertawa juga harus sesuai batasan dan jangan berlebihan. Jangan sampai tertawa anda mengganggu lingkungan sosial bahkan malah bisa berbalik memperburuk kesehatan anda.

loading...