6 April 2015

10 Trik Keren di Dapur yang Wajib Anda Ketahui

Tags

Selain menjadi kegiatan rutin Ibu setiap hari, memasak adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi siapa pun.  Apalagi sekarang profesi Chef mendapat tempat terhormat di dunia kerja, setelah banyak stasiun tv membuat berbagai lomba masak atau program kuliner yang menghadirkan chef handal dalam acaranya.

Tapi bagi pemula, memasak akan menjadi sangat merepotkan. Berikut 10 trik keren yang akan memudahkan kerja kita di dapur.


1. Trik Sendok Kayu

Letakkan sendok kayu adukan nasi diatas panci saat memasak nasi, buih dari nasi yang mendidih tidak akan tumpah. Agak rumit penjelasan ilmiahnya, sederhananya begini; gelembung dari air mendidih saat memasak nasi akan pecah begitu tersentuh sendok kayu. Sendok kayu juga akan menyerap kelembaban uap air. Sayangnya, sendok yang terbuat dari besi tidak bisa digunakan, karena terlalu cepat panas.

2. Mengupas Jahe dengan sendok

 Kulit jahe ternyata tidak sekeras yang kita kira. Kerok kulit jahe dengan sendok, kulitnya akan terkelupas dengan mudah. jadi tak perlu memakai pisau untuk membuang kulit jahe, pakai sendok makan saja.

3. Agar Air Perasan Jeruk Lemon Banyak

 
Biasanya jeruk lemon atau jeruk nipis yang kita peras tidak sebanyak yang kita harapakan. Kalau diamati, ternyata masih banyak sari jeruk yang tertinggal di ampasnya. Tekan jeruk dengan telapak tangan lalu gulirkan maju mundur berulang-ulang. Bila jeruk sudah lunak, peras airnya. Anda akan mendapat jus jeruk yang lebih banyak dari biasanya.


4. Menjaga Selada Tetap Segar

 Selada yang terlalu basah akan mudah membusuk sementara bila terlalu kering akan cepat layu. Bungkus selada dengan kertas koran lembab sebelum disimpan di kulkas atau letakkan beberapa tisu makan diatas wadah selada, tutup wadah lalu simpan didalam kulkas. Kertas berfungsi sebagai penjaga kelembaban salada.


5. Simpan Es KrimDalam Kantong Plastik

Kantong plastik bisa digunakan untuk mencegah es krim anda menjadi keras di dalam freezer. Ketika membungkus, cobalah agar es krim yang kita bungkus kedap udara, keluarkan semua udara yang ada dalam kantong plastik lalu tutup rapat-rapat.


6. Mengupas Bawang Putih dengan Mudah

Mengupas siung bawang putih sering menjengkelkan karena aroma yang tidak semua orang suka dan banyaknya siung yang harus dikupas. Tapi dengan teknik ini, pekerjaan mengupas jadi mudah dan menyenangkan.

Remuk, goncang dan pisahkan. Tempatkan bawang putih dibawah mangkok keramik lalu tekan hingga siung bawang putih remuk. Lalu pindahkan kedalam tupperware, tutup dan goncang beberapa saat. daging dan kulit bawah putih akan memisah.

7. Cara Mengupas Jeruk

Tips ini berguna bagi mereka yang tidak mau repot menggunakan kukunya untuk mengupaskulit jeruk yang kadang keras. Dengan sedikit potongan jitu, anda dapat mengupas dan memakan jeruk tanpa harus belepotan terkena air jeruk. Bagian terbaiknya adalah; ini menyenangkan!


8. Tes Kesegaran Telur

Ada cara sederhana untuk mengetahui berapa lama umur telur yang kita beli. Dengan mencelupkan telur kedalam air kita bisa memperkirakan umur telur. Kulit telur memiliki pori-pori yang akan membuat udara masuk kedalam telur hari demi hari. Karenanya, semakin lama umur telur, semakin banyak udara yang masuk kedalamnya dan akibatnya akan semakin ringan telur tersebut.


9. Membuat Madu Seperti Baru Lagi

Pernahkah anda membuang madu yang telah mengkristal karena mengira madu tersebut telah rusak? Madu yang mengkristal ternyata alami dan tidak berbahaya. Anda dapat kembali menyegarkannya dengan cara meletakkan madu kedalam wadah dan kemudian letakkan wadah tersebut diatas air panas (di-tim).

10. Membuat Es Kristal Bening

Mungkin kita pernah mendengar cara membedakan es yang terbuat dari air matang atau air mentah adalah dengan melihat kejernihannya. Kalau jernih berarti dari air matang dan kalau keruh dari air mentah. Ternyata memang benar, air matang akan menghilangkan udara terlarut dan mengurai mineral dalam air yang menyebabkan kristal es menjadi bening. Jadi bila anda ingin membuat es kristal yang bening, silahkan masak dulu air hingga mendidih.


Sumber: listotic.com

loading...

1 komentar so far