11 Maret 2015

Tips Melunakkan Daging

Tags

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melunakkan daging. Mulai dari waktu perebusan atau pemasakan yang diperpanjang, sampai dengan merendam dengan cuka. Walupun cara tersebut berhasil, namun tetap ada kelemahannya. Memasak daging terlalu lama dapat mengurangi rasa, sementara merendam dengan cuka, yang kebanyakan memakai cuka sintetis, dapat membahayakan kesehatan. Cuka buah yang aman untuk kesehatan masih mahal dipasaran.

Alternatif melunakkan daging dapat menggunakan irisan buah Nenas atau daun/ buah Pepaya muda. Buah Nanas mengandung enzim Bromein, sementara pada Pepaya mengandung enzim Papain, keduanya mempunyai efek melunakkan protein dalam hal ini daging. Berikut tips yang dapat anda lakukan:

    Cara membuat daging empuk
  • Iris buah nanas muda menjadi beberapa potongan kecil, lalu campurkan dalam daging yang akan anda masak. Jangan terlalu banyak, karena daging akan menjadi terlalu lunak dan mudah hancur. Nanas yang terlalu banyak juga dapat mengubah rasa masakan.
  • Ambil beberapa lembar daun Pepaya, remas lalu bungkuskan ke potongan daging, biarkan 1 jam, lalu masak.
  • Iris buah pepaya muda secukupnya, campurkan dalam potongan daging selama 1 jam, lalu masak. dapat pula langsung dimasak bersama daging, namun pilihan ini kurang optimal karena pada dasarnya enzim adalah turunan protein yang mudah rusak bila terkena panas. 
Silahkan dicoba, moga bermanfat.

loading...