30 Maret 2015

Trik Agar Potongan Apel Tidak Menjadi Coklat

Tags

Tidak ada yang lebih membuat kesal saat kita baru memotong apel dan dalam hitungan menit apel berubah warna menjadi coklat. Tak usah gusar, ada banyak cara agar apel tetap putih segar, dan tetap dapat dinikmati sepenuhnya kapanpun disajikan.

Pencoklatan (Browning) sebenarnya adalah peristiwa oksidasi akibat reaksi enzim yang terdapat pada daging buah apel dengan udara. Jadi idenya adalah mencegah enzim apel aktif.

1. Gunakan Air Jeruk
Air jeruk mengandung asam sitrat, merupakan anti-oksidan yang efektif mencegah oksidasi. Anda dapat menggunakan perasan jeruk/lemon segar atau jus jeruk kemasan. Meskipun ini merupakan cara terbaik, tapi bila berlebih dapat menimbulkan rasa getir. Saat menggunakan air jeruk untuk mencegah potongan apel menjadi coklat, gunakanlah dua metode berikut:
  • Anda dapat menggunakan jus jeruk langsung dengan cara memercikkannya kedalam potongan apel yang telah diletakkan diwadah hingga permukaan daging apel terlapisi.
  • Dapat juga dengan merendam potongan apel kedalam air jeruk yang telah dicampur dengan air dingin. Gunakan perbandingan 1 sendok makan air jeruk dimasukkan kedalam segelas air. Rendam selama 3-5 menit, setelah itu bilas dan tiriskan.

2. Gunakan Air Garam
Garam adalah pengawet alami yang dapat mencegah apel menjadi coklat. Caranya dengan membuat larutan 1/2 sendok teh garam dilarutkan kedalam seliter air dingin. Rendam potongan apel selama 3-5 menit kemudian bilas dengan air dingin dan tiriskan. Jangan takut apel akan menjadi asin, selama garam yang diberikan tidak kebanyakan, tidak terlalu lama direndam dan langsung bilas dan ditiriskan, rasa apel tidak akan berubah.

3. Memakai Minuman Berkarbonasi.
Minuman berkarbonasi mengandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk mencegah apel menjadi coklat. Lemon-lime soda biasanya yang paling baik untuk digunakan. Rendam selama 3-5 menit, lalu bisa langsung dibilas dan ditiriskan atau tetap biarkan bila anda suka rasa minumannya. Air soda juga bisa digunakan.

4. Gunakan Penyegar Buah (Fruit-Fresh)
Fruit-Fresh adalah bentuk bubuk sitrat dan askorbat asam yang dirancang khusus untuk mencegah buah menjadi coklat. Konon dapat mencegah buah dari kecoklatan hingga delapan jam, bahan ini dapat dibeli di supermarket.

5. Mencelur Apel
Mencelur apel dapat mencegah browning. Pada dasarnya Penceluran (Blansing) dapat menon-aktifkan enzim dalam apel, mencegah agar tidak bereaksi dengan oksigen diudara. Untuk mencelur apel, rendam kedalam air panas selama 5 menit, kemudian tiriskan dan bilas dengan air dingin. Hati-hati menggunakan cara ini karena dapat membuat daging apel menjadi lembek. Biasanya cara ini dipakai bila apel akan digunakan untuk memasak atau membuat kue.

6. Bungkus dalam Plastik
Inilah metode termudah. Dengan dibungkus, daging apel akan terhindar dari udara sehingga apel tetap segar. Cobalah membungkus dengan plastik makanan (plastic warp) serapat mungkin tanpa ada kerutan pada bagian daging buahnya. Metode ini efektif pada buah apel yang dibelah dua, dan perhatikan jangan sampai ada udara yang terperangkap dalam plastik warp.

7. Memakai Karet Gelang
Memakai karet gelang adalah ide inovatif dan unik. Caranya potong buah apel menjadi beberapa bagian, lalu satukan kembali sampai seperti buah utuh. Ikat dengan karet gelang di sekelilingnya, sehingga nampak seperti belum pernah dipotong. Cara ini baik untuk bekal ke tempat kerja atau bekal anak ke sekolah.


Sumber : wikihow.com

loading...