31 Maret 2015

Sering Terbangun di Malam Hari? Tubuh Anda Mencoba Memberitahu Sesuatu

Masih wajar kita terbangun beberapa kali di malam hari dengan setengah sadar, tetapi saat mesti bolak balik terbangun dari tidur nyenyak anda, bisa jadi itu sebuah pertanda tubuh anda sedang bermasalah.

Bila penyebab di bawah ini yang menyebabkan anda terbangun, maka bisa jadi anda mengidap penyakit-penyakit berikut atau ada hal lainnya yang harus anda perhatikan.

Terbangun karena : Kaki kram
Penyebab : Olahraga yang berlebihan, kolesterol
Selain olahraga berlebih, pemicu kram lainnya terjadi dikarenakan penyempitan arteri, seringnya terjadi di tungkai. Hal ini disebabkan karena aterosklerosis dimana plak, yang terbuat dari kolesterol, kalsium dan lemak, menumpuk pada dinding arteri.

Terbangun karena: Batuk
Penyebab : Nokturnal refluks, naiknya asam lambung.
Hal ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan yang menyebabkan rasa terbakar pada dada dan kerongkongan. Tidur berbaring rentan terhadap refluks. Asam lambung dapat bergerak melalui dada mengiritasi bagian belakang tenggorokan dan menyebabkan batuk.

Terbangun karena: Sakit Punggung
Penyebab: Kasur, radang sendi (arthritis)
Sebaiknya ganti kasur anda setiap 8 sampai 10 tahun sekali, kasur yang terlalu keras dapat menyebabkan sakit pada punggung.

Jika anda menderita arthritis, anda cenderung akan terbangun pada malam hari karena penyakit ini biasanya muncul pada jam 11:00 - 03:00. Penggunaan ibuprofen dapat membantu meredakan sakit.

Terbangun karena : Kesulitan bernapas
Penyebab: asma nokturnal, penyakit jantung
Bagi penderita asma, tidur dapat membuat keadaan malah lebih buruk - dengan berbaring berarti lendir dapat terakumulasi dalam saluran pernafasan yang mengakibatkan tekanan pada paru-paru. Periksakanlah ke dokter dan gunakan selimut bulu angsa untuk mengurangi kemungkinan kambuhnya asma.

Bila anda terbangun dengan terengah-engah, dapat berarti anda memiliki masalah jantung yang serius.

Terbangun karena : Kekacauan otak
Penyebab: Sleep apnea
Yang dimaksud dengan keadaan ini adalah ketika sesuatu membangunkan kita dan kita tidak ingat di mana kita berada. Jadi pada saat terjaga, anda mungkin tidak bisa bangun atau berbicara dengan benar. Ini karena beberapa bagian dari otak kita masih dalam keadaan tidur.  Hal ini umumnya disebabkan oleh sleep apnea, dimana napas terhenti pada saat tidur yang menyebabkan terbangun secara tiba-tiba dibarengi dengan dengkuran keras.

Cobalah menghindari alkohol, berhenti merokok dan turunkan berat badan.

Terbangun karena : Berkeringat
Penyebab: Perubahan hormon
Meningkatnya kadar hormon stres bisa dipicu oleh konsumsi alkohol.

Pada wanita, keringat bisa menjadi hasil dari kadar estrogen rendah. Pria yang berkeringat di malam hari, bahkan ketika itu tidak begitu panas, bisa memiliki kadar testosteron yang rendah.

Berkeringat di malam hari dapat berarti masalah seperti masalah yang berkaitan dengan kanker atau jantung, jadi jika mereka terus-menerus, konsultasikan dengan dokter Anda.

Terbangun karena : Ingin ke kamar mandi
Penyebab: kandung kemih yang tidak stabil, prostat
Masalah ini biasanya diderita kaum pria, untuk mengatasi gangguan prostat sebaiknya berikan tekanan pada kandung kemih saat buang air kecil. Penggunaan obat dapat mengendurkan otot-otot di prostat.
 
Selain itu, ginjal lebih banyak menghasilkan urine saat usia seseorang semakin tua yang mengakibatkan kandung kemih tidak stabil dan menimbulkan rasa ingin buang air kecil terus menerus. Penyebab prostat bisa dikarenakan batu ginjal atau bahkan gejala kanker, sehingga sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda.

loading...