7 Maret 2015

Resep Gado-Gado Klasik

Tags

Gado-gado merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari jawa, berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu dengan ditambahkan saus kacang. Gado-gado dapat langsung dimakan seperti salad atau bisa juga dimakan bersama nasi.

Masakan ini memang relatif sederhana cara pembuatannya, namun masih banyak yang penasaran bagaimana proses memasak yang sebenarnya. Berikut adalah resep gado-gado klasik, resep asli yang belum dimodifikasi.


Bahan :

1 cup (50 g) tauge, kulit biji dan ekor dibuang
180 g bayam, dibilas, batang keras  dibuang
1 buah wortel,  diiris
100 g kacang panjang, potong pendek-pendek
1/4 kol, lembar daun dipisah dan diiris
2 potong besar (masing-masing 200 g)  tahu , digoreng, diiris
2 butir telur rebus, dipotong menjadi irisan
2 sendok makan Bawang goreng, untuk hiasan
Kerupuk udang, secupnya saat  dihidangkan (opsional)


bumbu kacang

Gado-Gado Dressing (saos) :


1 cangkir (150 g) kacang tanah, disangrai
2 siung bawang putih, kupas
2-3 cabe rawit
1 di (2 1/2 cm) kencur segar, kupas dan iris
1 lembar daun jeruk purut
3 sendok makan kecap manis
Garam 1/2 sendok teh
2 gelas (500 ml) air
1 sendok teh perasan jeruk nipis atau jus lemon

Cara Memasak :

  1. Goreng dan tiriskan Bawang Goreng menggunakan tissue.
  2. Untuk membuat Dressing Gado Gado, giling kasar kacang, bawang putih, cabe dan kencur dalam mortar (batu giling) atau blender, tambahkan sedikit air jika perlu agar tercampur sempurna.
  3. Masukkan hasil gilingan dalam panci dengan semua bahan Dressing lainnya, kecuali jeruk nipis atau jus lemon, dan didihkan di atas api kecil selama sekitar 1 jam sambil diaduk untuk mencegah saus menempel ke panci dan terbakar. Angkat dari api dan sisihkan. Tambahkan jeruk nipis atau lemon jus, aduk rata dan taburi 1 sendok makan Bawang goreng di atas saus sesaat sebelum disajikan.
  4. Panaskan air dalam panci sampai mendidih dengan api sedang, dan rebus sayuran hingga pucat (sekitar 30 detik untuk tauge, 1 menit untuk bayam, 1 sampai 2 menit untuk wortel, dan 2 sampai 3 menit untuk kacang panjang dan kubis). Matikan kompor dan tiriskan.
  5. Atur semua sayuran di piring saji dan tempatkan bagian atas dengan tahu dan irisan telur. Hias dengan sisa Bawang goreng dan siramkan saus Gado Gado di atasnya. Sajikan dengan krupuk goreng.
Porsi: 4-6

Persiapan waktu: 35 menit

Waktu memasak: 1 jam

loading...
This Is The Oldest Page