20 Maret 2015

Menanam Uang Di Masa Sulit, Ini Tipsnya

Tags

Kondisi mulai sulit, naiknya harga kebutuhan membuat kita harus pintar mengatur keuangan. Kita harus membuat perencanaan matang dalam mengelola uang. Selain harus memikirkan cara memutar uang untuk kebutuhan saat ini, kita juga harus tetap mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 

Berikut ini beberapa saran yang dapat anda terapkan dalam mengelola keuangan anda. Setidaknya dengan tips ini, kita memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk survive berinvestasi dimasa sulit dan sukses di masa depan.

1. Anda tidak akan kaya di pasar saham. Anda tetap akan mendapatkan keuntungan tetapi investasi anda akan terbayarkan dalam kurun waktu yang lama. Orang-orang sukses yang menjadi kaya biasanya didapat melalui empat cara: Dapat warisan, sukses dalam bisnis real estat, membangun bisnis dari dasar, atau mereka menabung sejumlah besar uang dalam jangka waktu yang panjang. Investasikanlah uang anda ke bisnis yang terukur dan anda kuasai.

2. Menabunglah - apapun yang terjadi, pada kondisi apapun. Biasanya selalu ada saja alasan untuk tidak menabung, tetapi orang-orang sukses melakukan hal ini secara konsisten. Seringkali waktu terbaik untuk menabung adalah pada saat-saat yang paling sulit bagi kita. Bila kita melihat kebelakang pada krisis moneter 1998, orang yang sebelumnya menabung dalam bentuk Dolar malah meraup keuntungan sangat besar.

3. Milikilah rencana B. Bila "Rencana A" anda gagal, maka anda perlu rencana cadangan untuk dijalankan. Kebanyakan orang sukses tidak patah arang dengan kegagalan. Mereka tahu bahwa sebaik apapun rencana yang telah dipersiapkan, hasil yang didapat sering tidak seperti yang diharapkan. Memiliki alternatif rencana adalah kunci untuk menjadi sukses.




4. Kura-kura selalu menang! Sukses bukanlah hasil dari satu tindakan besar. Ini adalah tentang akumulasi dan konsistensi dalam melakukan hal yang benar secara teratur. Mereka yang memulai dari dasar, selalu terus belajar dan selalu konsisten dalam bekerja. Selalu berusaha membuat diri mereka lebih baik dalam semua aspek kehidupan mereka (keluarga, teman-teman dan bisnis).

5. Bekerjalah dengan orang-orang tercerdas disekitar anda. Tempatkanlah diri kita sebagai orang yang bodoh, itu berarti kita berada di ruang yang tepat diisi dengan orang-orang yang cemerlang. Setiap keputusan besar dan bijak yang kita buat akan didapat dari mendengarkan nasehat orang-orang sekitar kita. Selalu terbukalah pada pendapat yang membangun.

6. Sering berkata "tidak" akan banyak menyelamatkan uang anda daripada berkata "Ya"." Tidak semua penawaran berinvestasi yang menjanjkan keuntungan besar sesuai dengan kemampuan anda, lebih baik untuk menolak dan memilih investasi di bidang yang kita mampu. Anda akan kehilangan uang sia-sia bila terlalu memaksa masuk dalam investasi yang belum anda kenal.

7. Umumnya penawaran yang tampaknya tidak memiliki resiko adalah yang paling berisiko, dan investasi dengan jaminan pengembalian besar umumnya akan menjamin bahwa Anda akan segera kehilangan uang.

loading...