13 Maret 2015

Cara Merawat Kulkas Agar Tetap Awet

Tags

Kegunaan kulkas sebagai tempat penyimpanan bahan makanan kini sudah menjadi kebutuhan dasar di dapur. Kulkas menjadi solusi bagi mereka yang tak memiliki waktu setiap hari ke pasar untuk sekedar membeli sayur-sayuran dan daging.

Pemakaian kulkas yang setiap hari, mengakibatkan kulkas menjadi kotor dan dapat menyebarkan bau yang berasal dari bahan makanan yang disimpan di dalamnya. Oleh karenanya, ada beberapa cara untuk merawat kulkas anda agar tetap awet dan bekerja secara optimal. 

Merawat Kulkas
Berikut langkah-langkahnya yang bisa dilakukan secara periodik dalam merawat kulkas :
  1. Bersihkan dinding bagian dalam kulkas setidaknya satu bulan sekali agar kulkas tidak menimbulkan bau tidak sedap.
  2. Bersihkan belakang (kompresor) dari debu. Sebelum dibersihkan sebaiknya cabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu.
  3. Bersihkan bagian luar kulkas untuk menjaga penampilan luarnya .
  4. Jangan mencungkil bunga es dengan benda tajam kaena akan merusak evaporator. Untuk mencairkan bunga es cukup matikan listik atau menekan tombol agar bunga es mencair.
  5. Usai dibersihkan, atur suhu secara benar, yaitu medum untuk freezer dan minimum atau maksimal untuk refrigerator. Hal ini perlu karena bila suhu pada freezer diatur aksimum maka refrigerator akan berkurang dinginnya.
  6. Setelah kulkas selesai dibersihkan, jangan langsung mengisinya dengan barang. Biarkan suhu dingin di dalamnya stabil terlebih dahulu (sekitar 20-30 menit) baru setelah itu mengisinya.
  7. Bungkus atau tempatkan di tempat khusus bahan makanan yang akan menimbulkan bau atau meninggalkan kotoran.
  8. Jangan pernah menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas, karena akan membuat kompresor bekerja lebih keras.
  9. Jangan menaruh kulkas di dekat sumber panas, misalnya kompor. Hal ini bertujuan  agar kulkas lebih tahan lama dan mampu mendinginkan dengan sempurna.
  10. Jika kulkas diletakkan di kitchen set, berikan ruang masing-masing 5 cm untuk kestabilan sirkulasi udara pada kulkas.


Agar Kulkas Tetap Awet
Sama halnya dengan benda elektronik lainnya, perlu perlakuan khusus agar kulkas tetap awet dan tahan lama serta bersih terjaga.
  1. Buka Kulkas Seperlunya. Kulkas jangan terlalu lama dibuka, hal itu akan menambah beban kerja mesin pendingin. Selain itu, mesin juga mudah rusak dan tarikan listrik juga akan bertambah.
  2. Simpan Sesuai Tempatnya. Jangan meletetakkan makanana di freezer karena sisa makanan akan sulit dibersihkan. Botol atau gelas juga disarankan untuk tidak diletakkan di dalam freezer, sebab kaca dapat pecar saat air didalamnya membeku.
  3. Cairkan Bunga Es. Bunga es yang berlebihan akan mengurangi kinerja optimal kulkas, cairkan bunga es dengan menekan tombol otomatis peleburan atau dengan mencabut sambungan listrik.
  4. Hindari Benda Panas. Jangan masukkan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas, selain akan meningkatkan kinerja kulkas, kulkas juga akan menyerap listrik lebih banyak.
  5. Penyimpanan Yang Efektif. Perhatikan juga masa penyimpanan atau kadaluarsa bahan makanan.
  6. Bersihkan Secara Rutin. Caranya adalah cabut saklar listrik dan keluarkan seluruh isi kulkas, termasuk wadah plastik yang dapat dilepas. Lalu gunakan air hangat untuk membersihkan bagian luarnya. Segera bersihkan bekas tumpahan makanan dan minuman agar tidak membekas secara permanen.


loading...

1 komentar so far