19 Maret 2015

7 Foto Jadul dengan Sejarah Menakjubkan

Tags

Menjelajahi kembali masa lalu melalui foto memang menyenangkan. Apalagi di setiap jepretan tersebut tergambar fakta-fakta menakjubkan yang kadang tidak kita duga sama sekali. Dunia memang penuh sejarah yang tak ternilai. Berikut 7 Foto tempo dulu yang menakjubkan.


1. Mengangkut 'APPLE', Satelit pertama India, 1981

Terlihat aneh memang, mengapa organisasi secanggih Indian Space Research Organization (ISRO) Badan Antariksa India, membawa satelit APPLE berteknologi tinggi menggunakan gerobak sapi yang terbuat dari kayu. Bukan karena pada masa itu India tidak mampu menyediakan truk sebagai alat transportasi atau ISRO tidak mau mengeluarkan dana untuk sebuah truk. 


Tetapi mereka beralasan gerobak kayu merupakan alat yang berbahan isolasi elektrik, sehingga tidak akan menimbulkan masalah pada satelit yang akan mereka luncurkan. Untung saja si sapi kooperatif, bayangkan kalau sapinya tiba-tiba ngamuk, apa jadinya?

2. Pembuatan Film Pertama Indiana Jones oleh Steven Spielberg, 1981


Tahun 1981 teknologi CGI (Computer Generated Imagery) untuk pembuatan efek film belum secanggih sekarang. Keterbatasan teknologi ini tidak menjadi halangan bagi Sutradara legendaris Steven Spielberg untuk mewujudkan imajinasi terliarnya kedalam film pertama Indiana Jones: Raider of The Lost Ark. Dia beserta tim membuat model miniatur landscape gurun  untuk keperluan syuting. Dari miniatur ini dia bebas membuat efek-efek spektakuler untuk filmnya.


3. Pembuatan Film Pembuka MGM, 1928, Dimana Era Perfilman Hollywood Dimulai


Pernah nonton film produksi MGM? Siapa sangka rumah produksi Film Metro Goldwyn Mayer (MGM) yang bermarkas di Los Angeles, Amerika Serikat ini melakukan pengambilan gambar seekor singa dalam jarak sedekat ini. Singa yang dikenal dengan nama "Leo the Lion" inilah yang menjadi maskot MGM dan selalu diputar pada setiap awal film yang mereka produksi.


4. Seorang Petugas Kulit Hitam Melindungi Anggota KKK dari Amukan Pengunjuk Rasa, 1983

 

Ironis, barangkali kata itulah yang pantas ketika melihat situasi seperti ini. Sebuah kelompok ekstrimis yang menamakan dirinya Klu Klux Klan (KKK) yang mendeklarasikan diri untuk memberantas kaum kulit hitam dan kaum minoritas lainnya. Kelompok ini meyakini bahwa ras kulit putih adalah ras yang terbaik dan berambisi akan tetap memperbudak kaum kulit hitam. Dengan dalih melindungi kaum kulit putih mereka menyiksa, membakar dan membunuhi kulit hitam. Tapi yang terjadi dalam di foto ini sungguh ironis, Polisi kulit hitam, yang rasnya dibantai KKK malah memberikan perlindungan pada mereka di saat situasi kritis. Pelajaran berharga buat kita semua.


5. Uploading... Hard Disk pertama 5 MB Dipindahkan ke Pesawat PanAm, 1956


Pada September 1956 IBM meluncurkan 305 RAMAC, komputer pertama dengan hard disk drive (HDD). HDD beratnya lebih dari satu ton dan dapat menyimpan 5 MB data. Bayangkan bila hard disk jenis ini yang harus kita bawa-bawa untuk keperluan penyimpanan data kita. Berterima kasihlah pada kemajuan teknologi dan hargailah flash disk 4 GB anda.

6. Kulup Penyelamat Kematian, 1971


Ini bukan lelucon, foto ini diambil pada tahun 1971 saat perang kemerdekaan Bangladesh. Terlihat pada foto ini seorang tentara Pakistan sedang memeriksa apakah pria ini disunat atau tidak. Kalau ternyata tidak disunat, berarti musuh dan harus 'diamankan'. Perang ini juga disebut perang saudara, perang ini berakhir dengan kekalahan pada pihak Pakistan.


7. Segel Makam Fir'aun, 1922



Segel ini berasal dari makam Tutankhamen, seorang Fir'aun yang terkenal fenomenal karena kutukan yang berasal dari makamnya. Segel ini dipercaya sebagai segel paling tua yang pernah ditemukan, segel ini berusia lebih dari tiga milenium, tepatnya berumur 3.245 tahun saat segel ini ditemukan. Jika diperhatikan, segel yang terbuat dari tali ini disimpul sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk tangan seseorang. Segel ini tidak tersentuh sama sekali dan masih berbentuk sama seperti sewaktu pertama kali segel ini dibuat. Bayangkan sensasi apa yang dirasakan sang arkeolog saat membuka segel ini untuk pertama kalinya setelah 3.245 tahun terkunci. Bangga, bahagia, penasaran atau malah gelisah luar biasa karena takut terkena kutukan?

loading...

1 komentar so far